World Bank Ingatkan RI Soal Pendidikan Merata

by -

METROPOLITAN – Analis Senior World Bank Bidang Pendidikan, Noah Yarrow, melihat adanya kesenjangan pendidikan di tanah air aki­bat pandemi Covid-19. Se­hingga ia meminta pemerin­tah melakukan upaya penya­marataan layanan pendidikan di setiap wilayah Indonesia. “Kami mendorong pemerin­tah untuk mensejajarkan dan menyediakan dukungan tam­bahan kepada daerah yang lebih terdampak dibanding lainnya,” kata Noah dalam webinar World Bank, Jumat (17/9).

Menurut dia, pemerintah perlu memberikan dukungan tambahan yang memang sangat dibutuhkan pada masa ini. Tujuannya agar pembelajaran dapat terus berlangsung. “Mungkin juga menyediakan layanan du­kungan psikososial untuk guru dan murid serta men­dukung keterlibatan orang tua dan guru,” tuturnya.

Bahkan, pemerintah juga bisa melakukan kerja sama dengan pihak swasta. Peran swasta dalam percepatan dan perluasan pelaksanaan pem­belajaran dipercaya dapat memperkuat pendidikan. “Yang terakhir mengidentifi­kasi anak-anak dengan risiko terbesar yang mereka tidak bisa mengikuti atau mempu­nyai kendala akan di sekolah untuk mendapat pendam­pingan tambahan juga,” pung­kasnya. (jp/feb/py)

Baca Juga  Perempuan Ini Punya 44 Orang Anak dan Mengurus Mereka Hanya Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *