XL Axiata Berikan Kado Spesial bagi Pelanggan #darirumah

by -

METROPOLITAN – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) men­gusung tema ‘Kado di Hari Pelanggan #darirumah’ untuk memastikan pelanggan tetap bisa menikmati layanan terbaik di tengah pandemi tanpa ha­rus ke luar rumah. Ini meru­pakan program khusus me­nyambut Hari Pelanggan Nasional 2021.

Selain itu, juga ada kado spe­sial bagi pelanggan XL, AXIS, serta XL PRIORITAS. Program khusus di Hari Pelanggan Na­sional 2021 ini merupakan bagian dari implementasi ko­mitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digi­tal.

Direksi XL Axiata juga me­nyempatkan diri secara langs­ung melayani pelanggan se­cara virtual. Salah satunya Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses yang menyapa dan ber­bican dengan pelanggan melalui sambungan video conference dari gerai XL Cen­ter yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, Jumat (3/9) lalu.

Turut mendampingi antara lain Group Head Indirect Chan­nel Management XL Axiata, Junius Khoestadi, Group Head Direct Channel Management XL Axiata, Muhamad Novan Adilandy, dan Group Head Customer Contact Center XL Axiata, Retno Wulan.

Direktur & Chief Commer­cial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa hari pelanggan selalu menjadi momentum istimewa.

“Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan terus berinovasi me­nyesuaikan kebutuhan pelang­gan, termasuk di tengah pan­demi. Kualitas layanan yang mampu memuaskan pelang­gan akan menumbuhkan ke­percayaan pelanggan pada produk layanan XL Axiata. Karena itu, kami akan terus memupuk kepercayaan dari pelanggan tersebut sebagai modal untuk terus menum­buhkan bisnis kami saat ini dan di masa mendatang,” ka­tanya.

Sejumlah penawaran khu­sus telah XL Axiata siapkan untuk pelanggan XL, AXIS, dan XL PRIORITAS di Hari Pelang­gan ini.

Baca Juga  XL Axiata Tebar Promo Saat Ramadan, Buruan Cek di Sini

Khusus di 4 September 2021, pelanggan kartu prabayar XL dan AXIS akan mendapatkan kado berupa 1GB kuota inter­net untuk satu hari, semen­tara untuk pelanggan XL PRIORITAS mendapatkan kado berupa 2GB kuota inter­net untuk tiga hari. Pelanggan dapat mengambil kado terse­but di aplikasi myXL dan Ax­isnet #darirumah.

Selain itu, memanfaatkan momentum Hari Pelanggan Nasional tahun ini, XL Axiata juga menghadirkan inovasi Customer Happiness, yakni layanan digital care yang juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet.

Salah satu layanan terbaru di aplikasi ini adalah XL Cen­ter Online, dimana melalui layanan ini, pelanggan bisa melakukan ganti SIM Card, pengaktifan kembali kartu yang hilang atau hangus hingga aktivasi nomor XL PRIORITAS.

Dengan begitu, pelanggan tidak perlu keluar rumah dan mengunjungi gerai fisik XL Center. Selama periode 1–7 September 2021, seluruh pe­langgan XL Axiata juga berke­sempatan mendapatkan bonus pulsa Rp10 ribu setiap mela­kukan aktivasi kartu hangus atau hilang.

XL Axiata juga telah menyi­apkan fasiltas dan infrastruk­tur yang beragam, baik mela­lui telepon atau layanan digi­tal yang bisa dilakukan #da­rirumah, di antaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk ke­pada lebih dari 56 juta pelang­gan setia.

Untuk memastikan pelang­gan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata meny­ediakan sekitar 500 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call cen­ter maupun layanan digital care. Layanan kepada pelang­gan ini bersiaga selama 24 jam sehari, tujuh hari dalam sepe­kan.

Baca Juga  Huawei Dukung Program XL Future Leaders, Berikan Pelatihan IoT Kepada Mahasiswa

Jumlah interaksi yang dite­rima oleh call center XL Axi­ata rata-rata per bulannya adalah 140 ribu transaksi, sedang pada layanan digital care rata-rata interaksi yang masuk setiap bulannya adalah 492 ribu transaksi.

Persentase topik yang sering ditanyakan pelanggan antara lain 35 persen terkait layanan internet, 26 persen soal ja­ringan, sisanya terkait produk/ layanan, cara mengaktifkan nomor dan kartu, lokasi XL Center, dan lain-lain.

Secara umum, menyangkut kecepatan merespon pelang­gan, layanan call center dapat menjawab panggilan pelang­gan dalam waktu maksimal 30 detik dan live chat maksimal satu menit.

Kemudian, solusi akan di­berikan maksimal dalam waktu 3×24 jam ke pelanggan atau pada kondisi khusus membutuhkan waktu lebih lama tergantung tingkat kom­pleksitas permasalahan.

Terkait kepuasan pelanggan yang menjadi salah satu tolak ukur untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, XL Axiata melakukan survei ke­puasan pelanggan secara langsung di akhir interaksi pada touchpoint pelanggan, di mana pelanggan dapat memberi masukan terhadap keseluruhan layanan (jaring­an, produk, serta layanan pe­langgan) dari XL Axiata.

Survei ini sudah tersedia di aplikasi myXL, AXISNet dan channel digital care, di mana XL Digital Care yang memi­liki persona Maya (My XL Axiata Virtual Assistant) menunjukkan hasil yang me­muaskan dengan 80 persen pelanggan menyatakan ma­salahnya terselesaikan ketika menghubungi layanan digital care Maya.

Selain itu, 60 persen pelang­gan merekomendasikan laya­nan digital care Maya kepada keluarga dan kerabat.

Baca Juga  AXIS Dukung Vaksinasi Pelajar dan Mahasiswa di Pontianak

Ke depannya, XL Axiata se­cara berkelanjutan akan terus melakukan transformasi digi­tal pada layanan pelanggan dengan menyediakan layanan-layanan digital lainnya yang akan lebih memudahkan pe­langgan mencari informasi atau mendapatkan solusi se­cara cepat, seperti salah satu­nya layanan pengecekan se­cara mandiri (self-care) yang dapat diakses dengan mudah melalui website dan aplikasi serta fitur AI (Artificial Intel­ligent).

Melalui teknologi terkini, XL Axiata juga mengimplemen­tasikan suatu platform NPS (Net Promoter Score) yang dapat melakukan analisa ter­hadap aspek kebutuhan, ken­dala dan inputan pelanggan dengan cakupan yang sangat luas sehingga akan mem­bantu meningkatkan kualitas pengalaman sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

Sementara itu, sebagai salah satu sektor esensial, maka se­lama masa PPKM Darurat saat ini, gerai XL Center juga masih beroperasional melayani pe­langgan yang langsung datang secara fisik dengan tetap me­nerapkan protokol kesehatan yang ketat.

XL Axiata memiliki seba­nyak 96 gerai XL Center yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, XL Center bero­perasional setiap hari Senin– Jumat (pukul 08:00–17:00 WIB) dan Sabtu (pukul 08:00–13:00 WIB).

Selanjutnya, masih dalam program menyambut Hari Pelanggan Nasional tahun ini, XL Axiata juga menyeleng­garakan kompetisi di media sosial.

Kali ini kompetisi dikemas dalam bentuk kuis berhadiah untuk pelanggan XL PRIORI­TAS. Pelanggan bisa mengik­uti program ini melalui akun instagram @xlprioritas.

Tersedia hadiah berupa voucer belanja masing-masing Rp100 ribu untuk 25 pemenang dengan menjawab pertanya­an kuis melalui instagram pada periode 30 Agustus 2021 sampai 5 September 2021. Pemenang kuis akan diumum­kan pada 7 September 2021. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *