XL Axiata Layani 70 Desa di Sekitar Danau Toba Jaringan 4G

by -

METROPOLITAN – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan 4G di kawasan sekitar Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Di kawasan yang masuk wilayah tujuh kabupaten tersebut, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 70 desa dan 28 kecamatan. Pen­guatan jaringan data berkua­litas ini sekaligus upaya XL Axiata turut serta mendukung keberadaan Danau Toba se­bagai salah satu destinasi super prioritas dan berkelas dunia sesuai penetapan oleh pemerintah. Inisiatif tersebut merupakan bagian dari im­plementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

Group Head XL Axaita West Region, Desy Sari Dewi, men­gatakan bahwa penguatan jaringan 4G di kawasan Danau Toba mencakup wilayah yang sangat luas karena di sekeliling danau terbesar di Indonesia ini masuk ke tujuh kabupaten. Keberadaan jaringan 4G akan mendukung keberadaan Da­nau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas dan berkelas dunia, serta tentunya juga akan sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial warga masyarakat setempat. Selain itu, para pelaku industri besar maupun kecil di sana juga bisa memanfaatkan layanan dari kami. Saat ini, layanan XL Axiata telah menjangkau 77% Kawasan Danau Toba yang terdapat di tujuh kabu­paten.

Baca Juga  Ramadan, XL Axiata Siapkan Promo Menarik

Ia menjelaskan jaringan XL Axiata di Kawasan Danau Toba ditopang total lebih dari 315 BTS, termasuk seba­nyak 115 merupakan BTS 4G. Sebagian besar jaringan 4G tersebut berada di Kecamatan Balige dan Kecamatan Aji­bata, di Pulau Samosir, masuk Kabupaten Toba Samosir yang merupakan kawasan wisata dengan banyak penginapan dan lokasi wisata. Selain itu, BTS 4G juga menopang akti­vitas ekonomi masyarakat di Parapat, Kabupaten Sima­lungun, yang menjadi pintu utama masuk kawasan Danau Toba dengan pelabuhan kapal ferry penyeberangan. BTS 4G lainnya berada di tengah-tengah pemukiman warga pedesaan sekeliling danau, yang masuk di Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir.

Dalam dua tahun terakhir, trafik penggunaan layanan data 4G terus tumbuh hingga 250% di kawasan Danau Toba, meski aktivitas pariwisata menurun drastis dibanding masa sebelum pandemi. Men­urut Desy, hal ini menunjuk­kan jaringan 4G di sana di­manfaatkan secara maksimal oleh warga setempat untuk berbagai keperluan, termasuk aktivitas produktif, sosial, juga hiburan. Apalagi, selama masa pandemi, anak-anak sekolah juga harus melaks­anakan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Ada sekitar 650 ribu pelanggan di kawasan yang masuk di wilayah tujuh kabupaten tersebut, dari total sekitar 3,70 juta pelanggan di seluruh Sumatera Utara.

Baca Juga  HUT Ke-25 XL Axiata Bertekad Dukung Pemerintah Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

“Kami yakin, saat nanti pan­demi sudah terkendali dan kawasan wisata mulai dibuka kembali, maka trafik data akan meningkat pesat. Apalagi Da­nau Toba sudah ditetapkan sebagai destinasi super prio­ritas. Sebagai destinasi super prioritas, kawasan ini juga akan menjadi lokasi prioritas penerapan jaringan 5G. Sem­bari menunggu implemen­tasi 5G XL Axiata di sana, kami juga telah menyiapkan infratruktur penunjangnya, antara lain dengan fiberisasi jaringan di sekitar Danau Toba,” lanjut Desy.

Kenaikan trafik data dan kebutuhan untuk mendukung kebangkitan industri wisata Danau Toba mendorong XL Axiata untuk terus memper­kuat jaringan 4G dengan memperluas cakupan wi­layah layanan. Dalam dua tahun terakhir, tercatat ada penambahan sekitar 83 BTS 4G di 23 desa yang antara lain berada di Kecamatan Sima­nindo di Kabupaten Samosir, dan di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Sementara itu, fiberisasi ja­ringan telah dilakukan di area-arae yang menjadi jalur wi­sata, seperti di sepanjang area Bandara Silangit di Tapanuli Utara, serta di sepanjang jalan tol dan nontol dari Medan ke Danau Toba yang berjarak total 90,1 km. (*/feb/run)

Baca Juga  XL Axiata Wakafkan Jembatan Buat Warga di Pelosok Lebak Banten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *