173.329 Guru Honorer Lolos Seleksi Tahap I

by -

METROPOLITAN – Hasil seleksi tahap pertama Pega­wai Pemerintah dengan Per­janjian Kerja (PPPK) guru honorer telah diumumkan. Sebanyak 173.329 orang di­nyatakan lolos seleksi terse­but.

“Di ronde pertama dari 322.665 yang dilamar, 173.329 formasi telah terpenuhi. Ar­tinya, 53,7 persen dari for­masi tersebut dipenuhi dan guru honorer segera diangkat menjadi guru PPPK,” terang Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dalam Pengumu­man Hasil Seleksi Kompe­tensi Guru ASN PPPK, Jumat (8/10).

Adapun formasi tahap per­tama yang terbuka tahun ini berjumlah 506.252 posisi. Dari formasi itu, hanya ada 322.665 guru yang melamar PPPK. Hasil pengumuman dapat dicek sekitar pukul 12:00 WIB. Untuk hasil lengkap seleksi dapat diakses melalui laman gurupppk.kemdikbud. go.id.hasil_tahap_1.

Sebagai informasi, Nadiem sempat memberi tahu hanya sekitar 97 ribu orang yang lolos seleksi pada tahap per­tama ini. Akan tetapi, jumlah itu bertambah hingga hampir 200 ribu setelah adanya afir­masi tambahan.

Baca Juga  Siswa SMK YKTB Magang di KPU

“Kita dan Panselnas memu­tuskan untuk memberikan afirmasi tambahan bagi guru dengan usia di atas 50 tahun. Kita memutuskan 100 persen jumlah nilai tambahan dari kompetensi teknisnya. Untuk di atas 50 tahun kita mem­berikan tambahan 10 persen tambahan nilai dari aspek manajerial, sosio kultural,” jelasnya.

Afirmasi tambahan lainnya adalah semua peserta se­leksi mendapat tambahan nilai sebesar 10 persen dari kompetensi teknis. Nadiem mengatakan, guru honorer yang telah lolos patut diapre­siasi. Sebab, mereka sudah berjuang luar biasa.

Menurutnya, jumlah ini akan terus bertambah karena akan ada seleksi tahap kedua dan ketiga. “Bagi yang belum lolos passing grade jangan khawa­tir, masih ada ronde kedua dan ketiga tahun ini. Tapi kalau butuh waktu untuk belajar lagi masih ada tahun depan,” tutup Nadiem. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *