1,9 Juta Warga DKI Jakarta Belum Divaksin

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga DKI Jakarta dan warga non-DKI Jakarta yang mela­kukan aktivitas di Jakarta.

Hingga saat ini masih ada 1.916.655 warga DKI Jakarta yang belum divaksin Covid-19 dosis 1 dari total target vaksi­nasi sebanyak 8.941.211 war­ga Jakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, menga­takan, pihaknya sebenarnya sudah melakukan vaksinasi dosis 1 sebanyak 10.643.267 orang atau 119 persen dari target 8,9 juta warga. Namun dari jumlah tersebut, baru 66 persen merupakan warga ber-KTP DKI Jakarta atau seba­nyak 7.024.556. Hal ini berar­ti masih ada 1,9 juta warga Jakarta yang perlu divaksin dosis 1.

Baca Juga  Menyajikan Kopi Langka dengan Cara Istimewa

“Untuk vaksinasi program, total dosis 1 saat ini sebanyak 10.643.267 orang dengan pro­porsi 66 persen merupakan warga ber-KTP DKI dan 34 persen warga KTP non-DKI,” ujar Dwi di Jakarta, kemarin.

Sementara untuk vaksinasi dosis 2 saat ini, kata Dwi, sudah mencapai mencapai 7.975.257 orang atau 89,2 persen dengan proporsi 68 persen atau 5.423.174 orang merupakan warga ber-KTP DKI dan 32% atau 2.552.083 warga KTP non-DKI.

“Meskipun vaksinasi Covid-19 juga digalakkan pada sejumlah kelompok prioritas, masih dibutuhkan peran serta ma­syarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kese­hatan. Mengingat vaksinasi Covid-19 saat ini hanya men­gurangi dampak keterpaparan, masih terdapat kemungkinan tertular dan menularkan virus Covid-19 jika longgar terhadap protokol kesehatan dalam keseharian,” beber Dwi.

Baca Juga  Kahiyang Putri Jokowi Persiapan Nikah?

Pemprov DKI Jakarta me­nyarankan, untuk melakukan vaksinasi, warga dapat langs­ung ke tempat vaksinasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disa­rankan mendaftar online melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksi­nasi.

Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri sekaligus bisa mela­kukan pre-screening tes on­line. Untuk menemukan tem­pat vaksinasi, warga juga bisa mengeceknya melalui apli­kasi google maps. Hanya dengan menuliskan “vaksin Covid-19”, warga dapat mene­mukan lokasi serta dibantu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih.

Adapun kategori warga 18+ yang dapat divaksinasi di DKI Jakarta adalah: warga ber-KTP DKI Jakarta, warga ber-KTP dari luar DKI Jakarta tetapi berdomisili di DKI Jakarta (membawa keterangan domi­sili diperoleh dari petugas RT, tidak harus dari ketua RT), pekerja di DKI Jakarta yang ber-KTP dari luar DKI Jakarta (membawa keterangan dari tempat kerja). (bs/tob/suf/py)

Baca Juga  Jalanan Pancoran-Tendean Bebas Macet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *