340 UMKM di Bogor Tergabung Dalam UMKM usAHA Binaan Airlangga Hartarto

by -
Spanduk Bergambar Airlangga Terpasang di Ratusan UMKM Bogor

Metropolitan.id – Spanduk bergambar Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto nampak terpasang di lokasi-lokasi usaha milik UMKM di Bogor. Salah satunya di depan rumah Hernawati, di Kampung Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Dalam spanduk, foto Airlangga Hartarto tertulis sebagai pembina UMKM usAHA. Selain foto Airlangga dan logo UMKM usAHA, spanduk juga bertuliskan pesan ajakan untuk belanja di UMKM dan nama usaha Dapur Naufa Rizki.

Hernawati, si pemilik usaha mengatakan, spanduk bergambar Airlangga terpasang di tempatnya karena ia bergabung dalam komunitas UMKM usAHA yang dibina oleh Airlangga Hartarto.

Hernawati bercerita, awalnya sang suami yang berprofesi sebagai ojek online, ditawari oleh seorang koordinator UMKM usAHA untuk bergabung.

” Karena saya punya usaha kecil-kecilan jualan Pisang Thailand dan Brownies Lumer, saya ikutan daftar. Saya pengen tau kegiatannya seperti apa, ada program apa ke depannya, pengen usahanya makin maju, pengen nambah pengalaman,” ujar Herna

Hernawati kemudian didaftarkan dalam program pelatihan WirausAHA Maju. Ia pun mengikuti proses pelatihan secara online. Dari pelatihan yang diikuti, ia mengaku mendapat motivasi usaha dan cara-cara mengelola usaha yang benar.

“Selain itu jadi banyak temen yang sama-sama usaha kecil, kan group rame tuh ya bisa saling tuker ilmu dan pengalaman,” ujar Hernawati.

Selepas mengikuti pelatihan, dan ikut bergabung dalam komunitas, selang beberapa hari kemudian ia dikirimi spanduk UMKM usAHA bergambar foto Airlangga Hartarto, untuk dipasang di lokasi usahanya.

Spanduk tersebut ternyata cukup bermanfaat. Karena usahanya yang lebih banyak online, maka petunjuk tempat memang dibutuhkan untuk memudahkan ojek online yang datang mengambil pesanan.

“Pertama emang kita nggak punya plang usaha, jadi lumayan lah ada tulisan usaha saya “Dapur Naufa Rizky”, nama warung saya itu. Biar jadi ciri khas usaha saya, ada foto menterinya, ” ujarnya.

Koordinator UMKM usAHA Kota Bogor, Uus Mustopa menjelaskan, UMKM usAHA merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat, yang fokus kegiatanya pada pelatihan UMKM. Salah satu program yang sudah berjalan adalah Program Pelatihan WirausAHA Maju.

Berdasarkan keterangan Uus, jumlah UMKM yang sudah bergabung dengan komunitas nya ada 340 UMKM yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Bogor.

Tidak Hanya di Bogor

Tidak hanya di Kota Bogor, UMKM usAHA ternyata juga ada di wilayah lain. Di Jawa Barat total ada 4.111 UMKM, dan secara keseluruhan hingga saat ini ada sekitar 11 ribu UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM usAHA.

Jumlah tersebut menurut Uus masih akan bertambah lagi karena UMKM usAHA berencana untuk membuat program pelatihan dan program-program lain untuk UMKM. Hal itu diyakini akan membuat komunitasnya menjadi semakin besar.

” Ini yang ingin ikut bergabung makin banyak, dan rencananya akan ada program pelatihan ditambah program-program lain yang bermanfaat untuk UMKM,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *