4.251 Pelamar Berebut 591 Formasi ASN Kota Bogor

by -
Dok. Prokompim Kota Bogor.

METROPOLITAN.id – Tak kurang dari 4.251 orang pelamar memperebutkan 591 kursi formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021, yang dimulai sejak Senin (4/10) hingga 10 Oktober mendatang.

Kepala Bidang Formasi Data dan Penatusahaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bogor Aries Hendardi mengatakan, Pemkot Bogor sudah membuka pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2021 sejak beberapa waktu lalu.

Total, ada 4.251 pelamar yang ingin masuk di lingkungan Pemkot Bogor, yang tengah bertarung dalam seleksi di beberapa tempat. Ada yang seleksi di gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. Ada pula yang seleksi di Bogor hingga luar provinsi Jawa Barat.

“Peserta seleksi 3.203 orang yang tes di gedung Tegar Beriman, ada yang diluar provinsi Jabar mereka tesnya di regional bukan sesuai domisilinya. Secara keseluruhan pelamar ada 4.251 orang,” katanya kepada Metropolitan.id, Selasa (5/10).

Baca Juga  Kota Bogor Siap Rekrut Ratusan Guru PPPK

Dari usulan 600 formasi yang diusulkan, pemerintah pusat memberikan jatah kuota 591 formasi untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Terbagi atas 257 formasi untuk CPNS dan 334 untuk PPPK.

“591 formasi, yang dibutuhkan 591 formasi ASN terdiri dari CPNS 257 formasi dan PPPK guru 334 formasi,” tukas Aries.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Bogor, Taufik menyatakan, selain di Gedung Tegar Beriman Pemkab Bogor yang menjadi lokasi seleksi CASN Bogor, pelaksanaan seleksi bagi 1.200 lebih peserta juga dilakukan tersebar di kantor BKN, di antaranya di Jakarta, Bandung dan lokasi lainnya.

“Jadi tergantung peserta seleksi untuk memilih lokasi tesnya, karena diberi keleluasaan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) bisa melaksanakan titik seleksi berdasarkan tempat tinggal atau domisili,” ujar Taufik.

Diketahui, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah pun meninjau langsung hari pertama pelaksanaan tes CPNS tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Pemkot Bogor di gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Senin (4/10).

Baca Juga  Pengemudi Ojol Tolak Aturan Larangan Mangkal di Seputaran SSA Bogor, Ini Respon Bima Arya

Kepada para peserta tes CPNS, Syarifah memberikan arahannya agar dalam mengikuti tes para peserta harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

“Doa orang tua yang menyertai adalah pendorong, selain ikhtiar maksimal dari diri pribadi. Yang utama tenang dalam mengerjakan soal-soal dan percaya diri. Doa saya dan seluruh tim, semoga pelaksanaannya sukses,” katanya.

Sekda mengingatkan agar jangan mudah tertipu atau tergiur adanya tawaran-tawaran oknum yang menjanjikan untuk membantu kelulusan dalam mengikuti tes Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN.

Syarifah menegaskan bahwa pelaksanaan seleksi CASN sudah demikian transparan dan teknologi informasi sudah lebih baik, sehingga semua pihak yang terlibat dituntut transparansi dan akuntabilitas. Namun demikian, tetap diberikan ruang menyampaikan protes jika ada pengaduan.

Monitoring senantiasa dilakukan pihak-pihak yang berkepentingan untuk memastikan pelaksanaan seleksi secara transparansi dan akuntabilitas, salah satunya Ombudsman. Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama Pemkot Bogor dengan Pemkab Bogor dalam pelaksanaan seleksi CASN.

Baca Juga  Selamat Datang Di Bogor!

“Semua terkoneksi, seperti laptop, kamera pengawas ke pusat dan hasilnya bisa langsung diperoleh. Tidak ada lagi permainan dengan uang atau nepotisme,” tegas Syarifah.

Di lokasi yang sama, Perwakilan Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung, Lia Rosalina melaporkan, pelaksanaan seleksi CPNS Pemkot Bogor selama satu pekan mulai 4 hingga 10 Oktober. Jumlah peserta seleksi sebanyak 3.203 peserta yang dibagi dalam 19 sesi.

Setiap hari pelaksanaan seleksi CPNS dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dan dibagi menjadi 3 sesi, khusus untuk hari Jum’at, hanya dua sesi.

Lia menambahkan, selain para peserta dapat melihat langsung hasil tes seleksi, para orang tua maupun keluarga dapat juga melihat hasil seleksi melalui live Youtube streaming di kanal Youtube Kanreg III BKN Bandung. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *