76 Ribu Madrasah Ikut KSM 2021

by -

METROPOLITAN – Minat siswa madrasah terhadap sains semakin meningkat. Ini terlihat dari semakin banya­knya siswa madrasah yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Kemente­rian Agama (Kemenag) men­catat ada 76.617 madrasah yang mendaftar mengikuti KSM 2021.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Ishom, mengatakan, mereka terus mendorong siswa madrasah mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Se­hingga para siswa dapat ber­kreasi dan mencintai sains.

Isom menuturkan, gelaran KSM merupakan salah satu upaya meningkatkan bakat dan minat bidang sains siswa madrasah. “Antusias siswa Madrasah tahun ini dalam mengikuti KSM sangat bagus. Itu dibuktikan dengan jumlah lebih dari 70 ribu madrasah yang mendaftar kompetisi ini,” tutur Isom di Jakarta, Sabtu (23/10) pekan lalu.

Baca Juga  Tunjangan Guru Madrasah segera Cair

DATA SAINS NASIONAL 2021

Isom menerangkan, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. “Sejak awal digelar (2012, red), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun kompetisi,” jelasnya. Lalu mulai 2018 KSM berupaya mengolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

KSM tingkat Nasional diik­uti satu siswa terbaik setiap provinsi per bidang studi dengan seleksi yang dilaks­anakan secara nasional se­rentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasio­nal berbasis elektronik, eks­plorasi dan eksperimen.

Penilaian soal KSM dilaks­anakan Tim Juri yang dite­tapkan Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes. Hasil KSM Nasional dipubli­kasikan di Portal Resmi KSM dan Portal Resmi Kemente­rian Agama Republik Indo­nesia. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *