Ade Yasin Minta Desa Percepat Realisasi Program SamiSade

by -
Bupati Bogor Ade Yasin

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus mengkebut program Satu Miliar Satu Desa (SamiSade), bahkan hingga saat ini realisasi serapan anggaranya sudah mencapai 94 persen, sementara tahap dua baru 32 persen.

“Jadi saya sudah perintahkan BPKAD untuk segera diberikan pencairan untuk yang tahap kedua. Yang tertunda ada sekitar Rp66 milyar, yang tersisa harus diselesaikan tahun ini, agar semua merasakan,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Dengan realisasi yang cukup cepat, Ade Yasin mengaku bahwa program SamiSade tersebut nantinya akan berdampak kepada pemulihan ekonomi di masyarakat. Terlebih selama pandemi covid-19, pembangunan ditingkat desa sangat minim.

“Dengan program ini memang salah satunya itu, (pemulihan ekonomi, red). Sehingga desa atau BPKAD harus cepat dan teliti dalam mengajukan program, memverifikasi serta mencairkannya,” paparnya.

Baca Juga  BPBD Bangun Jembatan Darurat di Lokasi Banjir Malasari Bogor

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, dari 416 desa yang ada di Kabupaten Bogor, baru 349 yang mengajukan permohonan program Samisade.

“Jadi tahap pertama itu realisasinya sudah 94 persen, sementara yang kedua itu baru 32 persen. Semoga saja APBD Perubahan Kabupaten Bogor bisa segera selesai sehingga Samisade sekitar 67 desa sisanya bisa langsung kita cairkan anggarannya,” kata dia.

Sekedar informasi, pada program SamiSade ini, Pemkab Bogor menggelontorkan anggaran sebesar Rp311,8 miliar, dengan sasaran 532 titik, yang tersebar di 349 desa di 38 kecamatan, sesuai dengan SK penetapan Bupati Bogor Nomor 147/142/KPTS/Per-UU/2020, tentang Samisade.

Baca Juga  Kementerian Malaysia Sambangi Megamendung Gagas Kerja Sama Ekspor-Impor Produk Desa Unggulan

Berdasarkan pengajuan 349 desa yang menerima Samisade, setidaknya ada 544 jenis kegiatan, yang dilakukan menggunakan dana SamiSade.

544 jenis kegiatan tersebut terdiri dari, 49 kegiatan pengaspalan, 44 pembangunan jalan, 378 betonisasi jalan, 28 kegiatan pembangunan jembatan, 30 dinding penahan tanah, 2 irigasi, 1 menara telekomunikasi dan 4 kegiatan pembukaan jalan. (mam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *