Ade Yasin: Mobil Listrik Nggak Cocok Jadi Kendaraan Dinas di Bogor

by -
Bupati Bogor Ade Yasin

METROPOLITAN.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengusulkan kepada pemerintah daerah agar menggunakan mobil listrik sebagai pengganti mobil dinas. Hal itu seiring dengan diresmikannya pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia yang berlokasi di Karawang.

Namun hal tersebut rasanya sulit direalisasikan di Kabupaten Bogor. Bupati Bogor Ade Yasin mengungkapkan ada beberapa kendala yang dihadapinya jika berdinas menggunakan mobil listrik. Menurutnya mobil listrik tidak cocok dengan wilayah Kabupaten Bogor yang perbukitan.

“Kalau melihat kondisinya sekarang dirasa belum cocok, apalagi wilayah di Bogor ini perbukitan dan kita sering kunjungan ke pelosok-pelosok wilayah. Jadi mobil listrik tidak cocok jika digunakan di Kabupaten Bogor,” kata dia.

Baca Juga  Ngeri, Sehari 31 Warga Kabupaten Bogor Positif Corona

Berbeda dengan daerah tetangganya yakni Kota Bogor dan Kota Depok. Ia rasa sangat cocok jika menggunakan mobil listrik karena memiliki kontur jalan yang relatif datar dan tidak naik turun.

“Mungkin di Kota Bogor lebih pas karena kondisi jalannya yang datar. Kalau di Kabupaten banyak jalan yang naik turun juga,” paparnya.

Ade Yasin juga mengungkapkan, tidak ingin mengeluarkan anggaran kembali untuk membeli mobil dinas. Apalagi mobil yang ia gunakan saat ini masih terbilang baru yakni sekitar dua tahun kebelakang.

“Kita saat ini masih fokus dalam penanganan wabah Covid-19 dan juga pemulihan ekonomi masyarakat. Sehingga untuk beli mobil baru nanti dulu,” kata Ade Yasin.

Baca Juga  Diduga Banyak Pelanggaran, Dewan Ontrog Adhimix

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang.

Peresmian pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ridwan Kamil melalui Instagram-nya mengucapkan rasa syukur atas peresmian pabrik tersebut.

“Alhamdulillah. Hari bersejarah. Industri batere listrik untuk mobil listrik/electric vehicle (EV) terbesar se-Asean hari ini ground breaking di Karawang Jawa Barat,” ungkapnya. (mam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *