Anak Buah Anies Minta APBD 2022 Rp80,15 Triliun

by -

METROPOLITAN – Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terga­bung dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov DKI mengusulkan rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun anggaran 2022 sebesar Rp80,15 triliun. Usulan ini didorong karena adanya tren kenaikan penda­patan pajak lantaran pemu­lihan perekonomian di Ja­karta.

TAPD memproyeksikan pendapatan di sepanjang 2022 sebesar Rp74,25 triliun dengan perincian pendapatan asli daerah (PAD) Rp53,17 triliun, pendapatan transfer Rp17,71 triliun, lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp3,36 tri­liun.

Sementara belanja daerah diproyeksi berada di angka 72,10 triliun, antara lain untuk belanja operasi Rp60,07 tri­liun, belanja modal Rp9,42 triliun, belanja tidak terduga (BTT) Rp 2,51 triliun dan be­lanja transfer Rp 392,86 mi­liar.

Baca Juga  Anies Ke Ahok : Pendiri Indonesia Mayoritas Kalangan Pendidik

“Rancangan KUA-PPAS APBD Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2022 yang kita te­rima (rapat banggar DPRD DKI Selasa, 26/10/2021) dengan total sementara Rp80,15 triliun,” ujar Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, di Jakarta, ke­marin.

Menurutnya, DPRD DKI akan mendalami usulan TAPD Pemprov DKI menyesuaikan dengan rencana kerja pemerin­tah daerah (RKPD). Selain itu, perlu dilakukan sinkronisasi kegiatan belanja dengan skala prioritas kebutuhan warga saat ini. “Rapat banggar kita lanjutkan hari ini sebelum dibawa ke komisi-komisi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TAPD Provinsi DKI Jakarta, Marul­lah Matali, memastikan pi­haknya akan terus terbuka dengan masukan dan saran yang disampaikan Banggar dalam penyempurnaan pem­bahasan KUA-PPAS APBD DKI 2022.

Baca Juga  Kehadiran MRT Kurangi 5.600 Kendaraan Pribadi

“Tentunya masukan-masu­kan hari ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami agar rancangan KUA-PPAS APBD DKI tahun anggaran 2022 dapat diterima pimpinan dan anggota Banggar,” pungkas Marullah. (bs/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *