Begal Sadis Depok-Bekasi Akhirnya Diringkus

by -

METROPOLITAN – Polda Metro Jaya mengungkap ka­sus begal sadis yang mere­sahkan warga Depok dan Bekasi, Jawa Barat. Dari dua kelompok ini, polisi menga­mankan sembilan pelaku dengan sejumlah barang bukti senjata tajam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, menjelaskan, para pelaku terbilang sadis. Para pelaku yang mempersenjatai diri dengan senjata tajam ini tak segan-segan melukai korban­nya. Polisi menangkap tujuh pelaku begal di Tarumajaya, Bekasi. Selain itu, polisi juga menangkap pelaku yang ber­tugas menyiapkan senjata tajam kepada eksekutor. ”Pelaku total ada tujuh yang kita amankan. Lima beraksi membegal, satu menyiapkan sajam dan satu penadah,” ujarnya.

Yusri menyebutkan, para pelaku menggunakan sen­jata tajam (sajam) jenis celu­rit. Pelaku membacok korban di bagian tangan kiri kemu­dian membawa kabur ponsel dan sepeda motor milik kor­ban. ”Satu korban luka ba­cokan di tangan kiri. Korban pun tergeletak. Kendaraan roda dua dibawa dan HP di­rebut saat itu oleh pelaku. Salah satu pelaku langsung membacok menggunakan celurit,” ungkapnya.

Baca Juga  Pelaku Begal di Cimanggu Bogor Diduga 5 Orang, Gunakan Mobil untuk Culik Korban

Menurutnya, para pelaku biasanya beraksi secara ber­kelompok. Aksi begal yang dilakukan pelaku sering kali terjadi pada tengah ma­lam dan di lokasi yang terke­nal sepi. ”Modusnya, pelaku biasanya mencari jam rawan tengah malam. Kemudian mencari lokasi yang sepi. Nah melihat ada korban, mereka langsung melakukan aksinya. Mereka biasanya berkom­plotan,” kata Yusri.

Tak hanya itu, polisi juga ikut mengungkap kasus pem­begalan di Depok, tepatnya di kawasan Jalan Pramuka, Pancoran Mas. Dari peng­ungkapan itu, polisi menga­mankan dua pelaku aksi begal dengan menggunakan sajam.

Yusri mengatakan, para pelaku sebelumnya telah memantau suasana sekitar sebelum beraksi. Korban berupaya melawan, namun malah dibacok para pelaku. ”Biasanya patroli dulu mini­mal. Saat itu korban berupaya mempertahankan motornya, HP sempat diambil, korban berupaya melawan, sehing­ga terjadi penusukan oleh pelaku,” ungkapnya.

Baca Juga  Begal Bersenpi Dibekuk di Cileungsi, Satu Tewas

Dua pelaku begal berini­sial RW dan AW kini sudah diamankan polisi. Satu pela­ku lainnya berinisial BJ kini berstatus DPO dan dalam pengejaran polisi. ”Kami amankan RW alias T yang membacok korban di bagian punggung. AW yang mem­bacok di lengan kiri. Lalu, pelaku yang membacok dua paha ini masih DPO dengan inisial BJ. Ini melarikan diri, kami kejar,” ujarnya.

Sembilan pelaku yang di­tangkap Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Poldaa Metro Jaya itu sudah ditetapkan sebagai tersangka. Para ter­sangka ditangkap tim yang dipimpin AKBP Handik Zusen, Kompol Noor Marghantara, AKP Rulian Syauri, AKP Di­mitri Mahendra Kartika, Ipda Tomy Bagus Bimanara, Ipda Bayu Indra Praga. Para tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tanun penjara. (de/tob/suf/py)

Baca Juga  Sindikat Begal ‘Anak Lampung Timur’ Diciduk Polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published.