Bisa Beli Tanaman Hias Lewat Online hingga Tembus Pasar Global, Mentan : Minaqu Jadi Sejarah Baru Pertanian Indonesia

by -
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Tepat pada peringatan hari Sumpah Pemuda, Minaqu Indonesia meluncurkan platform www.minaquindonesia.com untuk mengakselerasi pertanian Indonesia melalui pengembangan e-commerce dalam akses ekspor pasar global. Demi pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern

Diresmikan langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama 9 kepala daerah se-Indonesia, yakni Provinsi Papua Barat, Kota Tomohon, Kabupaten Gowa, Kota Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Aceh Tengah.

Inovasi teknologi digital e-commerce berbasis web system yang disebut sebagai Global Integrared Agriculture Platform, yang mengintegrasikan data pasok dan pemenuhan permintaan global.

Usai resmi meluncurkan e-Commerce minaquindonesia.com, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Minaqu Indonesia telah membuat sejarah baru dalam mengisi ruang-ruang kemajuan Indonesia di bidang pertanian.

Khususnya sumberdaya dari tanaman hias yang memang memiliki potensi besar dalam percaturan baru dunia melalui sistem digital yang sangat terbuka, untuk terjadinya tukar menukar pasar yang lebih baik.

Baca Juga  SDN Genteng akan Direvitalisasi?

“Ini kesempatan dan loncatan cukup bagus yang tentu saja saya sebagai menteri sesuai perintah bapak presiden untuk selalu mem-backup anak-anak milenial kita. Ade Wardhana dengan teman-teman minaqu adalah bagian dari kelompok-kelompok menjadi generasi baru yang tentu berhadapan dengan tantangan eranya dan ruang eranya,” katanya.

Buatnya, Minaqu Indonesia membuktikan bahwa kontribusi kepada bangsa dari ide, kreativitas dan inovasi baru memanfaatkan digital dan lain-lain. Hal serupa juga terjadi dibeberapa daerah lain di Indonesia. Apalagi bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Saya kira di beberapa provinsi, kota dan kabupaten juga terjadi hal seperti itu. Tentu saja pemerintah bahwa bapak presiden mendorong agar besok potensi-potensi pertanian kita bisa digerakkan anak muda untuk mengambil bagian karena memang ternyata pertanian menjanjikan ekonomi yang lebih baik,” tandasnya.

Baca Juga  Kecamatan Tajurhalang Gelar Seleksi Tujuh Balon KADES

Sementara itu, CEO Minaqu Indonesia Ade Wardhana Adinata bersyukur dengan peresmian website Minaqu Indonesua yang dihadiri langsung menteri pertanian. Ia berharap dengan hadirnya platform ini, Minaqu bisa menyatukan para petani kita agar menjadi sebuah kekuatan dalam memasarkan Produk Pertanian Indonesia ke berbagai Negara di belahan dunia.

Menurutnya, Minaqu Indonesia membangun ekosistem berkelanjutan yang fokus pada pengembangan sumberdaya manusia, pengembangan produk dan pengembangan bisnis skala global.

Ekosistem tersebut diimplementasikan melalui program bertahap yang digagas melalui pengembangan konsep yang dimulai dengan tanaman hias Indonesia. Minaqu Indonesia memberikan layanan yang menjawab tantangan global secara menyeluruh dan hadir menjadi solusi melalui beberapa layanan strategis.

Hingga kini Minaqu Indonesia bergerak dan bertumbuh bersama ribuan petani tanaman hias Indonesia, membangun pasar tanaman hias terbesar di Indonesia bagi para petani lokal, dan telah menjangkau pasar lebih dari 60 negara di dunia.

Baca Juga  Masih Berlanjut, Aksi Mogok Angkutan Kota Bogor

Ia menambahkan, minaquindonesia.com memiliki feature pendukung yang diadaptasi dari model bisnis matching, memasarkan produk yang sudah terkurasi melalui sistem standarisasi produk. Memungkinkan melakukan pemesanan secara B2B dan B2C, pengelolaan pesanan, hingga optimalisasi pelanggan melalui program feature global community.

“Tampilan user experience yang mudah untuk diakses, nyaman digunakan, interaktif, dan terperinci. Pola feature e-commerce, kami adaptasi dari bisnis yang telah berhasil kami jalankan. Integrasi data dan layanan pembeli kami optimalkan melalui feature e-commerce,” tambah Ade.

Sebagai inovasi yang berkembang dan berprinsip sustainability development Minaqu Indonesia menangkap setiap peluang melalui kolaborasi bersama stakeholder.

“Kami menyusun rencana masa depan yang mengadaptasi setiap perkembangan teknologi global. Raih pasar global bersama MINAQU INDONESIA. Jadilah bagian dari visi kami untuk menjadikan Indonesia to Be the Centre of the world economic Agriculture in 2045,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *