Budayawan Ontrog Kebun Raya Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Ratusan budayawan se-Bogor Raya mengontrog Kebun Raya Bogor pada Jumat (1/10).

Kedatangan mereka untuk menolak pengoperasionalan wisata malam GLOW yang rencananya bakal dioperasionalkan pengelola Kebun Raya Bogor pada bulan ini.

“Kami minta agar (GLOW) dibatalkan dan (Kebun Raya Bogor) dikembalikan fungsinya ke semula,” pinta salah satu peserta aksi yang juga merupakan Ketua Kokolot Bogor, Bustomi Karim saat ditemui di lokasi, Jumat (1/10).

Bukan tanpa sebab para budayawan ini menolak pengoperasionalan dan keberadaan GLOW, pria yang karib disapa Bustomi menilai, sejak Kebun Raya Bogor diambil alih pihak swasta, kondisinya saat ini lebih bersifat komersil ketimbang menonjolkan edukasi.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pengelola dapat mengembalikan fungsi Kebun Raya Bogor sesuai dengan yang digariskan sedari awal.

Baca Juga  Sekolah Lapang Sukses Tingkatkan SDM Petani Manggarai Timur

“Yang kita khawatirkan lingkungan tidak alamiah. Makanya kita minta jangan sampai diubah dan ditambah yang sifatnya komersil. Apalagi kalau ada lampu, kehidupan hewan di Kebun Raya Bogor akan terganggu, selama ini (Kebun Raya Bogor merupakan) jantung kota,” ucap dia.

“Makanya kita maunya natural dan fungsinya kembali ke awal, jika ada perubahan yang pasti tidak boleh signifikan dan tidak mengganggu Kebun Raya Bogor,” sambungnya.

Disinggung apabila wisata malam GLOW tetap beroperasional, dirinya memastikan akan terus berupaya agar rencana tersebut batal terlaksana.

“Tentu kita akan tetap upayakan agar tidak terjadi,” ujar Bustomi.

Menanggapi itu, GM Corporate Communication & Security PT MNR, Zaenal Arifin menyebut, kedatangan para budayawan ke Kebun Raya Bogor sebagai ajang silatutahmi pihaknya dengan para sesepuh di Kota Bogor.

Baca Juga  Dekranasda Kota Bogor Diganjar Juara Stand Terkreatif Terbaik se-Jabar

“Ini sebagai ajang silaturrahmi kami dengan para sesepuh. Kami juga akan sangat terbuka untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi,” kata pria yang akrab disapa Kang Zae.

Adapun untuk keberatan para budayawan, dijelaskan Kang Zae, pihaknya akan mengikuti tahapan-tahapan yang sudah ada.

“Kami sangat menghargai itu. Kita juga catat saran-saran beliau,” ujarnya.

Diketahui, PT Mitra Natura Raya (MNR) berencana mengoperasionalkan wisata malam Kebun Raya Bogor dalam waktu dekat ini.

Wisata malam dengan menyuguhkan atraksi menggunakan lampu hias bertajuk GLOW itu akan dibuka bagi masyarakat pada umumnya.

“Kita berencana dalam waktu dekat ini. Saya rasa satu atau dua minggu ke depan kita akan coba,” kata Direktur Sales dan Marketing PT MNR, Michael Bayu A. Sumarijanto. (rez)

Baca Juga  Menko Airlangga Sebut Teknologi Digital Tingkatkan Daya Saing Pedagang Pasar Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published.