Dewan Tolak Gage di Jalan Margonda

by -

METROPOLITAN – Ang­gota DPRD Kota Depok, Babai Suhaimi, mengatakan bahwa rencana penerapan kendar­aan ganjil genap (Gage) di Jalan Margonda kurang tepat. Babai meminta rencana ter­sebut dikaji lebih matang agar pelaksanaannya tak menim­bulkan masalah baru.

”Belum ada kajian yang ma­tang terhadap hal tersebut, bukan hanya dari sisi trans­portasi saja, tetapi juga dari sisi sosial ekonomi,” kata Ba­bai. Babai menyebut pene­rapan ganjil genap belum pernah di bicarakan secara mendalam bersama DPRD. Menurutnya, sosialisasi pe­nerapan ganjil genap kepada masyarakat juga minim.

”Ruas jalan di Kota Depok tidak sebanyak dan sebaik di kota-kota lain, yang telah memberlakukan ganjil genap, seperti Jakarta, Kota Bogor, dan lainnya. Sehingga jangan sampai menimbulkan kema­cetan baru di ruas jalan yang lain yang ada di Kota Depok,” ujarnya.

Baca Juga  Sempat Bertengkar Hingga Sampaikan Maaf Terakhir

Babai mengatakan, Pemkot Depok seharusnya berpikir bagaimana menciptakan ke­seimbangan antara laju per­tumbuhan kendaraan dengan laju pembuatan jalan baru dan pelebaran ruas jalan yang ada.

”Pemerintah lebih baik kon­sentrasi pada penataan ruas jalan yang ada, baik dari sisi keindahan dan dari sisi ke­nyamanannya,” katanya. Se­belumnya, kebijakan ganjil genap rencananya akan di­berlakukan di Kota Depok, Jawa Barat. Kebijakan tersebut bakal diterapkan di Jalan Mar­gonda Raya, salah satu ruas jalan utama yang berbatasan dengan DKI Jakarta.

”Rencananya insya Allah dalam awal bulan depan, akan kami laksanakan ganjil genap di Jalan Margonda,” kata Ke­pala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, AKBP Andi Indra Waspada.

Baca Juga  Jalan Margonda Berujung Maut

Wacana penerapan ganjil genap di Jalan Margonda telah lama diusulkan. Pada 2017, Ketua DPRD Depok ketika itu Hendrik Tangke Alo menya­rankan pemerintah kota me­nerapkan sistem ganjil genap di Jalan Margonda untuk men­gurangi kepadatan arus lalu lintas di daerah tersebut. ”Pada Sabtu dan Minggu, Jalan Margonda macet parah, bisa saja diterapkan sistem ganjil genap di daerah tersebut,” katanya. (cn/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *