Dewan Tolak Gage di Jalan Margonda

by -

METROPOLITAN – Ang­gota DPRD Kota Depok, Babai Suhaimi, mengatakan bahwa rencana penerapan kendar­aan ganjil genap (Gage) di Jalan Margonda kurang tepat. Babai meminta rencana ter­sebut dikaji lebih matang agar pelaksanaannya tak menim­bulkan masalah baru.

”Belum ada kajian yang ma­tang terhadap hal tersebut, bukan hanya dari sisi trans­portasi saja, tetapi juga dari sisi sosial ekonomi,” kata Ba­bai. Babai menyebut pene­rapan ganjil genap belum pernah di bicarakan secara mendalam bersama DPRD. Menurutnya, sosialisasi pe­nerapan ganjil genap kepada masyarakat juga minim.

”Ruas jalan di Kota Depok tidak sebanyak dan sebaik di kota-kota lain, yang telah memberlakukan ganjil genap, seperti Jakarta, Kota Bogor, dan lainnya. Sehingga jangan sampai menimbulkan kema­cetan baru di ruas jalan yang lain yang ada di Kota Depok,” ujarnya.

Baca Juga  Sesudah 17 April, Jalan Margonda Depok Diberlakukan Dalam Sistem Ganjil-Genap

Babai mengatakan, Pemkot Depok seharusnya berpikir bagaimana menciptakan ke­seimbangan antara laju per­tumbuhan kendaraan dengan laju pembuatan jalan baru dan pelebaran ruas jalan yang ada.

”Pemerintah lebih baik kon­sentrasi pada penataan ruas jalan yang ada, baik dari sisi keindahan dan dari sisi ke­nyamanannya,” katanya. Se­belumnya, kebijakan ganjil genap rencananya akan di­berlakukan di Kota Depok, Jawa Barat. Kebijakan tersebut bakal diterapkan di Jalan Mar­gonda Raya, salah satu ruas jalan utama yang berbatasan dengan DKI Jakarta.

”Rencananya insya Allah dalam awal bulan depan, akan kami laksanakan ganjil genap di Jalan Margonda,” kata Ke­pala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, AKBP Andi Indra Waspada.

Baca Juga  Awal Desember Jalan Margonda Terapkan Ganjil-Genap

Wacana penerapan ganjil genap di Jalan Margonda telah lama diusulkan. Pada 2017, Ketua DPRD Depok ketika itu Hendrik Tangke Alo menya­rankan pemerintah kota me­nerapkan sistem ganjil genap di Jalan Margonda untuk men­gurangi kepadatan arus lalu lintas di daerah tersebut. ”Pada Sabtu dan Minggu, Jalan Margonda macet parah, bisa saja diterapkan sistem ganjil genap di daerah tersebut,” katanya. (cn/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.