Disdagin Kabupaten Kewalahan Geber Pembangunan Pasar Cisarua, Duit Rp35 M Pembangunan Baru 60 Persen

by -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) terus mempercepat pembangunan Pasar Cisarua. Sebab, akhir tahun ini pembangunan pasar tersebut harus sudah selesai.

KEPALA Disdagin Kabupa­ten Bogor, Entis Sutisna, men­gatakan, pembangunan Pasar Cisarua saat ini sudah men­capai 60 persen lebih. Se­hingga ia optimis akhir 2021 pembangunan yang meng­gunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 dapat selesai tepat waktu. “Hingga kini pembangunan terus berjalan. Mudah-mu­dahan selesai tepat waktu. Nantinya para pedagang di pinggiran jalan akan pindah ke situ,” kata Entis.

Setelah membangun pasar, lanjut Entis, pihaknya akan membangun fasilitas lainnya, seperti tempat parkir, WC umum dan lainnya. Dalam DED pembangunan pasar tersebut tidak melingkupi sejumlah fasilitas. “Karena yang bersumber dari APBD Provinsi itu kan hanya pembangunan pasarnya. Pembangunan selanjutnya akan menggunakan APBD Kabupaten Bogor untuk pembangunan fasilitas pasar,” paparnya.

Baca Juga  Revitalisasi Pasar Cisarua Sudah Ada Sejak 2011

Total pembangunan Pasar Cisarua sendiri, menurut En­tis, sudah menelan anggaran sekitar Rp35 miliar. Anggaran pertama dikucurkan Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pada 2019. Sedangkan pada 2021 bersumber dari program PEN yakni Rp25 mi­liar. “Nanti pada tahun ang­garan 2022 kita berencana menganggarkan Rp1 miliar hingga Rp3 miliar untuk me­lengkapi fasilitas di Pasar Cisarua tersebut,” katanya.

Jika Pasar Cisarua sudah selesai, lanjut Entis, maka akan diserahkan ke Perumda Pasar Tohaga melalui Penyertaan Modal Pemerintah (PMP). Sebab, Disdagin tidak memi­liki kewenangan untuk mengelola pasar. “Kewenangan Disdagin hanya membangun. Sedangkan yang mengelola Perumda Pasar Tohaga. Nan­ti aset akan diserahkan Pem­kab Bogor kepada Perumda Pasar Tohaga,” ungkapnya. (mam/eka/py)

Baca Juga  Harga Kedelai Naik, Tempe di Pasar Cisarua Menciut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *