DPRD Kota Bogor Tagih Disdik soal Laporan Evaluasi PJJ saat Pandemi

by -

METROPOLITAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor melalui Komisi IV mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bo­gor untuk menyerahkan la­poran evaluasi selama Pem­belajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kota Bogor. Mengingat saat ini Kota Bogor sudah memu­lai Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bogor, Endah Purwanti.

Menurutnya, Komisi IV ingin mengetahui laporan PJJ yang sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun di Kota Bogor. “Nantinya ini akan jadi evaluasi dan akan men­jadi landasan dalam menja­lankan PTM juga,” katanya kepada wartawan, baru-baru ini.

Ia menambahkan, laporan evaluasi itu harus mencakup laporan pelaksanaan kuriku­lum pembelajaran, proses penilaian hingga hal teknis terkait pembelajaran. Sebab, PJJ dan PTM tentu akan ber­beda kurikulum dan metode pembelajaran serta penilaian yang dilakukan. Di dalamnya mesti ada laporan terkait pe­mantauan kesehatan mental anak-anak. “Jangan sampai saat PTM digelar, anak-anak langsung dibebankan tugas yang menumpuk, sehingga mengganggu kesehatan men­tal mereka,” tegasnya.

Baca Juga  3,6 Juta Paket Data Internet untuk PJJ Disalurkan

Ia menjelaskan, kesehatan mental anak-anak menjadi penting. Mengingat berdasar­kan data dari survei yang dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB) University menunjukkan munculnya penyakit baru di masyarakat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Yakni penyakit mental dan hipertensi.

Selain itu, data menunjukkan bahwa paling banyak yang mengalami penyakit mental yakni mahasiswa. Sedangkan ibu rumah tangga, tokoh agama, pensiunan dan pengusaha pe­rorangan mengalami penyakit hipertensi paling banyak.

Endah juga meminta Pe­merintah Kota (Pemkot) Bo­gor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dan Dis­dik Kota Bogor menyiapkan penanganan secara serius.

“Pendekatan kita untuk as­pek kesehatan berupa obat dan sebagainya harus diting­katkan,” tutupnya. (ryn/eka/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *