Fabio Quartararo Raih Gelar Juara Dunia

by -

METROPOLITAN – Bintang Monster Yamaha, Fabio Quartararo, menyegel gelar juara dunia MotoGP 2021 setelah finis di posisi keempat di tengah balapan yang dipenuhi drama.

Rival terdekat­nya, Francesco Bagnaia, (Ducati) mengalami crash di tikungan 15 saat balapan menyisakan em­pat lap lagi. Dengan terjadinya insiden tersebut, otomatis Quartararo melenggang mu­dah meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas premium.

Semakin spesial karena ini adalah musim perdana Quar­tararo membalap untuk tim pabrikan Yamaha. Ducati mewujudkan start sempurna pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 setelah Bagnaia dan Miller berada dalam po­sisi 1-2 di depan Miguel Oli­veira. Marc Marquez sukses mengambil alih posisi ketiga dari Oliveira di lap pertama. Quartararo mengakhiri lap pertama dengan naik dua peringkat ke posisi 13. Nasib sial dialami Joan Mir dan Da­nilo Petrucci. Mir terjatuh hingga menyeret Petrucci di lap ketiga. Mir sempat dinya­takan terkena hukuman dou­ble long lap penalty karena melakukan jump start.

Miller benar-benar menja­lankan tugasnya sebagai ’pem­bantu’ Bagnaia. Pembalap asal Australia itu mengadang laju Marquez untuk mendekat ke Bagnaia. Tugas itu dijalani hingga lap ketiga sebelum Miller mengalami kecelakaan di tikungan 15 lap keempat.

Baca Juga  Innalillahi... Dorce Gamalama Meninggal Dunia karena Terpapar Covid-19

Memasuki lap delapan, Bag­naia dan Marquez mulai men­jauh dari posisi ketiga yang ditempati Pol Espargaro dengan keunggulan hingga 2,7 detik. Di lap ini Quarta­raro sudah memperbaiki po­sisi dan naik ke peringkat 10.

Memasuki setengah balapan, Bagnaia masih mampu mem­pertahankan posisi terdepan dari tekanan Marquez hingga lap ke-16 dengan keunggulan hanya 0,2 detik. Perlahan tapi pasti Quartararo memper­baiki posisi dan berada di posisi ketujuh.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Memasuki lap 18, Quartararo kembali memangkas jarak dengan Bagnaia setelah ber­hasil menyalip Alex Rins di posisi enam. Satu lap kemu­dian Quartararo menyalip Aleix Espargaro untuk naik ke po­sisi lima. Di lima lap terakhir Bagnaia mulai menjauh dari kejaran Marquez. Strategi Pecco untuk menyimpan ban hingga pertengahan balapan berjalan lancar. Namun mu­sibah terjadi saat lap ke-23 atau empat lap tersisa.

Baca Juga  Klaster Pasca Lebaran di Kota Bogor, Perumahan Griya Melati Hingga Tenaga Kesehatan

Bagnaia mengalami kecelaka­an saat sedang memimpin 1 detik atas Marquez. Hasil itu membuat Quartararo dipas­tikan menjadi juara dunia MotoGP 2021. Ketika Bagnaia mengalami kecelakaan, Quar­tararo sukses menyalip Mi­guel Oliveira untuk berada di posisi ketiga. Quartararo akhirnya menjadi juara dunia MotoGP 2021 setelah finis keempat. Quartararo disalip Enea Bastianini di lap terakhir. Kemenangan diraih Marc Marquez, disusul Pol Espar­garo di posisi kedua.

Quartararo dipastikan men­jadi juara dunia MotoGP 2021 setelah unggul 65 poin atas Bagnaia dengan dua seri ter­sisa. (feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *