Genjot UMKM Bogor di Tengah Pandemi, Bantuan Pinjaman Tanpa Bunga ala Yayasan Dimensi

by -

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, beragam upaya beberapa pihak untuk menggenjot perekonomian warga, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya Yayasan Dimensi yang memberikan Bantuan Pinjaman Modal Tanpa Bunga (BPMTB) untuk pelaku UMKM di Bogor.

TAK kurang dari tujuh penerima bantuan UMKM asal Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, disokong pinjaman tanpa bunga untuk mengembangkan usaha. Dalam aksi sosial yang diberikan langsung Ketua Yayasan Dimensi Menhefari, Pelindung Yayasan Dimensi Brigjen TNI Arkamelvi Karmani dan Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Wientor Rah Mada di perumahan De Botanica, Cimahpar,Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, baru-baru ini.

Ketua Yayasan Dimensi Menhefari mengatakan, dengan bantuan pinjaman tanpa bunga ini, pihaknya ingin berkontribusi kepada masyarakat dan membantu UMKM agar lebih berkembang.

Baca Juga  Kuliner Nusantara Hadir di Bogor

Menurutnya, program bantuan ini sudah berjalan dua tahun, di mana dalam program ini penerima bantuan tidak pernah ada yang telat bayar angsuran.

“100 persen sukses dan setelah di review usahanya semakin maju dan perkembangannya kemajuannya juga signifikan,” katanya.

Ia menjabarkan, besaran pinjaman yang diberikan Yayasan Dimensi jumlahnya beragam. Mulai dari Rp.1,5 sampai Rp.7 juta. Hingga sat ini, kata dia, ada 11 UMKM di Kota dan Kabupaten Bogor memiliki pinjaman di Yayasan Dimensi ini.

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga mempunyai program sosial lain seperti program anak asuh, bantu gaji guru dan kegiatan sosial lainnya.

Sementara, Pelindung Yayasan Dimensi Brigjen TNI Arkamelvi Karmani menuturkan Yayasan Dimensi ini merupakan inisiator dalam membantu masyarakat dengan pinjaman tanpa bunga.

Baca Juga  Sekolah di Bogor Sering Terlibat Kekerasan? Siswanya Terancam Nggak Bisa Masuk Kampus Negeri

Ia pun berharap, ada perusahaan lain yang memiliki program seperti Yayasan Dimensi, sehingga tidak ada UMKM meminjam ke renternir dengan bunga cukup besar.

“Tujuan kita kan saling membantu, apalagi dimasa pandemi ini sangat sulit mencari uang, makanya kita berikan bantuan kepada UMKM yang sudah berjalan, sehingga mereka tau marketnya dimana, sehingga usaha mereka bisa berkembang lagi dan masyarakat bisa terbantu,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Wientor Rah Mada yang menhadiri pemberian bantuan tersebut mengapresiasi Yayasan Dimensi yang memberikan bantuan pinjaman kepada UMKM tanpa bunga.

Ia berharap Yayasan Dimensi menjadi contoh komunitas-komunitas lain dapat menolong UMKM, sehingga UMKM bisa naik kelas.

Baca Juga  Heboh, Warga Cibuluh Bogor Kaget Tanahnya Dipasang Patok Kementerian PUPR

“Sekarang bukan saatnya lagi pemerintah merasa paling tahu, kami di semsco adalah terus berhubungan dengan komunitas, salah satunya dengan Yayasan Dimensi, kami sering berdiskusi dengan Yayasan Dimemsi yang akhirnya membuahkan hasil seperti Kemetrian Koperasi dan UMKM melarang 13 kategori produk untuk masuk ke Indonesia,” tuturnya.

Pihaknya saat ini terus mendekatkan diri kepada komunitas dan UMKM agar pelaku usaha kecil semakin maju kedepannya.

“Saat ini kami terus mendekatkan diri ke komunitas dan UMKM untuk sharing pengetahuannya dibidang usahanya,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *