Genjot Vaksinasi di Pelosok, Ade Yasin: Vaksinator Kalau Bisa Nginep di Rumah Kades

by -
Bupati Bogor Ade Yasin

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus menggenjot capaian vaksinasi. Sebab saat ini jumlah capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor baru mencapai 31,9 persen, menyisakan 38,1 persen lagi untuk bisa mencapai 70 persen atau 4,2 juta jiwa.

Dalam rapat koordinasi bersama seluruh camat, Kapolsek dan Danramil, Bupati Bogor Ade Yasin dengan capaian vaksinasi 31,9 persen tersebut perlu ada percepatan yang dilakukan pihaknya. Ia bersama TNI-Polri saat ini sedang menyasar wilayah-wilayah yang ada di pelosok.

“Kita juga menggerakan dinas, serta menggandeng PD Pasar, serta sekolah dan kampus. Jadi sekolah yang tidak mau melaksanakan vaksinasi PTM nya dapat dihentikan sementara,” kata Ade Yasin.

Baca Juga  Peserta BPJS Ketenagakerjaan Dapat Diskon Masuk Marcopolo

Selain pelajar, Ade Yasin mengaku saat ini tengah gencar melakukan vaksinasi kepada orang lanjut usia (lansia) karena capaian vaksin lansia ini masih dibawah 20 persen dari target 277 ribu orang.

“Kita juga menggerakan dinas-dinas untuk akselerasi vaksinasi. Seperti Dinas Kesehatan, Perumda Pasar Tohaga dan beberapa yang lainnya,” paparnya.

Prioritas vaksinasi saat ini pun mulai digeser ke desa-desa. Sebab angka vaksinasi di pusat kota relatif tinggi. Begitu juga dengan tenaga kesehatan atau vaksinator saat ini disebar ke wilayah yang angka capaian vaksinasi masih rendah.

“Untuk vaksinator kita nanti akan jemput bola, bahkan bila perlu mereka menginap di rumah Kades,” kata Ade Yasin.

Baca Juga  Nginap di Zest Hotel cuma Rp400 Ribuan

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin meminta bantuan pemerintah pusat untuk ikut andil dalam memobilisasi masyarakat yang tinggal dipelosok Kabupaten Bogor. Upaya tersebut dilakukan agar target vaksin hingga akhir tahun dapat tercapai.

Ia menyebutkan jika mobilisasi vaksinasi adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk memaksimalkan vaksinasi di wilayah-wilayah pelosok tersebut. Apalagi, dari 4,2 juta atau 70 persen target vaksinasi, baru sekitar 30 persen di antaranya yang telah tercapai.

“Saya telah sampaikan ini kepada Menko Marves, Pak Luhut. Jadi memang sebenarnya capaian kita sudah cukup tinggi sekitar 2,7 juta, hanya saja prosentasenya masih sekitar 30 persen. Jadi harus terus dipercepat,” ungkapnya. (mam)

Baca Juga  Batasi Kendaraan Pribadi, JR Connexion Antar Jemput Warga Perumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *