Gli Azzuri Italia Tumbang!

by -

METROPOLITAN – Selesai sudah perjalanan tak terka­lahkan Italia di 37 laga. Tak ada angka 38, karena Spa­nyol berhasil memutus rekor tersebut dengan kemenangan 2-1 atas Gli Azzurri.

Bulan lalu, Italia berhasil memecahkan rekor 35 laga tak terkalahkan milik Spa­nyol dan Brasil. Hasil imbang 0-0 melawan Swiss di Kuali­fikasi Piala Dunia 2022 mem­buat skuad asuhan Roberto Mancini belum kalah di 36 laga.

Rekor itu kemudian diper­tajam menjadi 37 laga saat Italia berpesta gol 5-0 ke ga­wang Lithuania beberapa hari setelahnya. Sebuah ca­tatan yang impresif, meng­ingat dalam perjalanan me­mecahkan rekor itu mereka juga berhasil menjuarai Euro 2020.

Namun, akhirnya cerita fan­tastis itu berakhir. Dalam laga semifinal UEFA Nations League melawan tangan tim Matador, Kamis (7/10) dini hari WIB, gladiator-gladiator Gli Azzurri habis tak berdaya.

Baca Juga  Wonderkid Juventus Belajar Banyak dari Ronaldo

Penguasaan bola jelas bukan hal yang bisa diharapkan ke­tika bertemu Spanyol. Lewat serangan balik, Italia men­coba menekan.

Tiga peluang emas setidaknya didapat di babak pertama. Tembakan dua Federico, Chiesa dan Bernardeschi, berhasil ditepis Unai Simon. Lorenzo Insigne punya pelu­ang paling bagus di antara yang lain, namun malah me­lebar saat tinggal berhadapan dengan kiper.

Saat lini depan membuang-buang peluang, petaka justru hadir di lini belakang. Crossing-crossing jitu yang dilepaskan Spanyol dari sayap kiri ber­hasil menembus pertahanan Italia.

Ferran Torres berhasil men­cetak dua gol langsung ke gawang Donnarumma, se­muanya lewat sundulan. Si­tuasi itu diperparah dengan kartu merah Leonardo Bonuc­ci, juga siulan yang diterima Gianluigi Donnarumma dari tifosi AC Milan di stadion ka­rena pindah ke Paris Saint- Germain di musim panas lalu.

Baca Juga  Italia Tak terbendung!

Meski tertinggal dua gol di babak pertama, Italia sebe­tulnya tak putus asa di babak kedua. Dalam situasi sepuluh lawan sebelas, Gli Azzurri tetap berusaha mengimbangi permainan Spanyol, yang bahkan tak bisa mencetak gol lagi.

Pergantian pemain yang digunakan Mancini pun me­nyegarkan serangan Italia. Masuknya Lorenzo Pellegrini, Davide Calabria, Manuel Lo­catelli, dan Moise Kean mam­pu membuat Sergio Busquets dkk kerepotan. Giorgio Chiel­lini pun dimasukkan untuk menambal lini belakang, juga mengangkat moral rekan-rekannya.

Satu gol akhirnya berhasil diciptakan Pellegrini di akhir babak kedua, hasil kerja sama brilian dengan Chiesa. Tapi itu tak cukup. Spanyol sukses melaju ke final dengan keme­nangan 2-1, sementara cata­tan tak terkalahkan Italia terhenti di San Siro. (dtk/suf/ run)

Baca Juga  MU Siap-siap Ditinggal 11 Pemain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *