Himagrotek Unida Gelar Pemberdayaan Masyarakat di Megamendung

by -

METROPOLITAN – Himpu­nan Mahasiswa Agrotekno­logi (Himagrotek) Unida Bogor menggelar Program Holistik Pembinaan dan Pemberday­aan Desa (PHP2D) di Desa Sukaresmi, Megamendung, Minggu (10/10). Program itu dilaksanakan dalam bentuk pelatihan budidaya hortikultura dan pemasaran serta pem­buatan tepung mocaf dan bioarang di Gapoktan Resmi Lestari.

PHP2D kali ini berfokus pada peningkatan potensi yang terdapat di Gabungan Kelom­pok Tani Resmi Lestari. Yaitu pengolahan singkong dan pemanfaatan kotoran ternak kambing menjadi bioarang. Pemanfaatan kotoran kambing menjadi bioarang merupakan salah satu upaya yang dapat mengurangi pencemaran yang dihasilkan dari limbah kotoran ternak.

Selain pemanfaatan kotoran ternak, potensi yang terdapat di Kelompok Tani Resmi Les­tari, yaitu budidaya hortikultura dan hasil tanaman pangan. Sedangkan yang dibudidaya­kan terutama tanaman sing­kong. Namun, singkong ini belum diolah dengan baik.

Baca Juga  FH Unida Bogor Gelar Penyuluhan Hukum

Maka dari itu, pelatihan ini diadakan untuk mengajak masyarakat dan kelompok wanita tani mengolah singkong menjadi tepung mocaf. Lalu, memasarkan produk hortikul­tura, bioarang dan tepung mocaf menggunakan kemasan menarik agar memiliki nilai jual lebih tinggi dan dijual se­cara online.

Ketua PHP2D, Nandana Utama Alek Ar-Rizqullah, ber­harap masyarakat bisa lebih terbuka wawasannya. Teru­tama dalam melihat peluang serta potensi desa yang nanti­nya dapat menghasilkan nilai jual. “Pelatihan ini dilaksana­kan agar masyarakat mampu memanfaatkan potensi yang ada di desa ini dan dapat me­masarkannya secara mandiri,” pungkasnya. (rb/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *