Jelang Berakhir Masa Jabatan Zulfikar, Hipmi Kota Bogor Buka Pendaftaran Calon Bos Baru

by -
Ketua Umum BPC Hipmi Kota Bogor Zulfikar Priyatna bersama panitia Muscab ke-V, Senin (4/10). (Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kepengurusan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bogor dibawah komando Ketua Umum Zulfikar Priyatna bakal segera berakhir.

Hipmi Kota Bogor berencana menggelar pemilihan ketua umum dalam Musyawarah Cabang (Muscab) ke-V tahun 2021, pada 16 November 2021. Dari total 78 anggota aktif Hipmi Kota Bogor, 50 persen anggota diantaranya sudah memenuhi syarat menjadi Calon Ketua Umum (Caketum).

“Masa jabatan saya segera berakhir. Menurut amanat organisasi harus segera proses muscab bertepatan dengan berakhirnya kepengurusan Hipmi Kota Bogor periode 2018 – 2021,” kata Ketua Hipmi Kota Bogor sekaligus Penanggungjawab dan Pengarah Muscab V 2021 Zulfikar Priyatna di kawasan Bogor Utara, Senin (4/10).

Ia juga sudah memberikan Surat Keputusan (SK) kepada Steering Commitee (SC) dan Organizing Commitee (OC), untuk melaksanakan Muscab ke-V.

Baca Juga  PAN Tertarik Usung Ganjar di Pilpres 2024, Bima Arya: Internal PAN Banyak yang Suka
Ketua Umum BPC Hipmi Kota Bogor Zulfikar Priyatna. (Ryn/Metropolitan)

Sebagai ketua umum yang akan berakhir masa jabatannya, Zulfikar berharap muscab bisa berjalan lancar dan bisa melahirkan pemimpin baru yang lebih baik serta bisa menjawab tantangan dunia usaha, pelaku usaha dan terus membawa Hipmi jadi organisasi pengusaha yang besar.

“Saya juga berharap pemimpin baru nantinya bisa terus memberikan kiprah, sumbangsih dan kontribusi nyata untuk dunia usaha. Bermitra strategis dengan seluruh pihak baik pemerintah kota, swasta dan lainya. Saya berharap Hipmi bisa mengisi peran tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua SC Panita Muscab Hipmi ke-V 2021, Badru Kamal mengatakan, pihaknya sudah membuat rumusan untuk kompetensi, di mana ketua terpilih nanti harus sesuai kompetensi yang dibuat. Pendaftaraan akan mulai dibuka pada Selasa (5/10) dan akan berjalan selama 10 hari.

Baca Juga  Dianggap Belum Maksimal, Perumda di Kota Bogor Diminta Lebih Kerja Keras Perah Pendapatan

“Pendaftaran dibuka mulai besok dengan membagikan berkas pada Bakal Calon Ketum (Balontum). Lalu dilakukan visit validasi dan verifikasi langsung jug. Kami ingin mencari ketua umum yang benar-benar pengusaha. Lalu 16 Oktober hingga 20 Oktober penentuan calon yang bisa masuk ke tahap berikutnya,” tutur Badru.

Ia juga memastikan, ada total 78 anggota aktif dan 50 persen diantaranya memenuhi syarat menjadi Caketum.

Di tempat yang sama, Ketua OC Panitia Muscab Hipmi ke-V, Muhamad Zailani menuturkan, pembukaan penerimaan berkas Balontum dibuka mulai 5 Oktober hingga 15 Oktober nanti.

Dalam Muscab ini, pihaknya berkewajiban untuk mencari menscreening beberapa calon ataupun balontum Hipmi Kota Bogor.

Zailani menjelaskan, Balontum yang akan mendaftar diberikan waktu selama 10 hari hingga 15 Oktober 2021 untuk menyerahkan segalam persyaratan. Setelah persyaratan diterima maka selanjutnya akan dilakukan validasi dan visit atau kunjunhan ke semua balontum yang sudah menyerahkan persyaratan.

Baca Juga  Gelar PTM, SDN Harjasari 1 Gunakan Model Belajar Sehari Satu Kelas

“Iya jadi kami akan validasi semuanya seuai integritas sampai dengan pajak perusahanan, karena kami betul-betul mencari ketua umum yang memang pegusaha, memang di Hipmi ini semua pengusaha tapi kita memiliki kriteria khusus untuk ketua umum,” paparnya.

Setelah itu, bakal ada pengarahan dari dewan kehormatan kepada seluruh balontum yang kemudian dilanjutkan dengan masa kampanye per 23 Oktober 2021.

“Ada dua tahapan kampanye, kampanye tertulis yaitu membuat malakalah dan kampanye lisan itu nanti ada debat pertama dan debat kedua. Terkait persyaratan Balontum yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai calon ketua umum ada 13 syarat khusus dan 10 syarat umum yang harus dipenuhi,” pungkasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *