Kabupaten Bogor Dikeluarkan dari Aglomerasi, TNI Turun Tangan Genjot Vaksinasi

by -
ILUSTRASI

METROPOLITAN.id – Pemerintah pusat telah mengeluarkan Kabupaten Bogor dari wilayah aglomerasi Jabodetabek, sebab Kabupaten Bogor dianggap menjadi penghambat daerah lain untuk turun level dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bahkan ratusan anggota TNI AL pun diterjunkan untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam menyelesaikan target vaksinasinya yang mencapai 4,2 juta jiwa atau 8.451.580 dosis hingga akhir Desember.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menilai apa yang dilakukan pemerintah pusat bukan lah suatu solusi yang baik. Seharusnya, kata dia, berbagai pihak membantu Kabupaten Bogor agar kebijakan diturunkannya PPKM dari tiga ke dua juga bisa diterapkan di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Harusnya bantu kami, seperti dari segi pasokan vaksin, tenaga kesehatan dan lainnya. Kalau daerah yang sudah level dua, harusnya diarahkan untuk membantu kami agar vaksinasi bisa digenjot,” kata Iwan.

Baca Juga  14 Hari Berturut-turut Polisi Hadang Kendaraan

Kondisi geografis dan sosial masyarakat di Kabupaten Bogor, lanjut Iwan, tidak bisa disamakan dengan daerah perkotaan. Terlebih, dengan luas wilayah terdiri dari 40 kecamatan, butuh tenaga dan waktu ekstra untuk menyamai daerah lain dalam capaian vaksinasi.

Dia mengakui jika tenaga kesehatan di Kabupaten Bogor masih sangat kurang. Maka dia sangat berharap bantuan dari daerah lain untuk melangsungkan vaksinasi agar semakin masif.

“Kami juga mau level dua agar pemulihan ekonomi juga lebih cepat. Jangan juga melihat dari prosentase. Jika bicara jumlah penduduk yang sudah divaksinasi, Kabupaten Bogor sudah di atas dua juta jiwa,” kata Iwan.

Sebelumnya, Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan, personel khusus ini dikerahkan sebagaimana perintah dari Presiden Jokowi untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Bogor yang memiliki target hingga 70 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 4,2 juta orang.

Baca Juga  Makin Mengerikan, Positif Covid-19 di Bogor Tembus 5000 Orang

“Kita sebar ke semua kecamatan, desa yang ada di Kabupaten Bogor. Terutama di wilayah pelosok,” katanya usai memberikan arahan kepada nakes TNI di Gedung Tegar Beriman.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta beberapa tenaga kesehatan untuk bertugas di wilayah perbatasan tersebut. Seperti di Jonggol, untuk membantu proses penyuntikan vaksin.

“Dari Pemerintah Kabupaten Bogor juga ada mobil vaksin keliling yang akan sangat membantu percepatan vaksinasi ini,” ungkapnya. (mam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *