Kang Emil Ingin Proyek Jembatan Terpanjang di Dunia Sejahterakan Warga

by -

METROPOLITAN – Jembatan terpanjang di dunia sepanjang 530 meter bakal dibangun di Megamendung, Kabupaten Bogor.

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, bersama jaja­ran dan Pemerintah Kabupa­ten (Pemkab) Bogor meninjau langsung lokasi pembangunan Ekowisata Eiger Adventure Land yang berlokasi di Desa Lemah Neundeut, Sabtu (23/10) lalu. Pria yang karib disapa Kang Emil itu menje­laskan sejauh ini jembatan terpanjang di dunia ada di Portugal dengan panjang 516 meter. Sementara jembatan yang akan dibangun di Me­gamendung ini lebih panjang 14 meter atau total 530 meter.

“Itu akan membawa seman­gat Indonesia, semangatnya berprestasi dalam segala bidang. Baik bidang pendidikan, olah­raga, pariwisata, dan lainnya. Apalagi ada keindahan alam Gunung Gede Pangrango yang secara resmi dikelola PT Eiger Adventure Land, salah satu perusahaan terkemuka di Jawa Barat, dari KLHK dan juga PTPN. Ini perusahaan yang sangat membanggakan. Bah­kan tahun depan akan mem­buka cabang pertamanya di Eropa. Pelan-pelan Indonesia akan mendunia. Termasuk kopi Jawa Barat, kini sudah buka di Australia, tepatnya Melbourne,” ujar Kang Emil.

Baca Juga  Wakil walikota ‘SINDIR’ PT Propertindo

Ia juga berharap langkah yang dilakukan PT Eiger Adven­ture Land bisa menjadi con­toh bagi pelaku investasi pariwisata lainnya. Dengan catatan, harus menjaga ke­seimbangan alam.

“Mudah-mudahan ini bisa membawa kesejahteraan ma­syarakat sekitar. Saf (barisan, red) pertama, para warganya semuanya, masyarakat Kabu­paten Bogor. Di saf kedua, berikutnya kesejahteraan Jawa Barat. Saya juga berharap dengan peletakan batu per­tama yang telah dilakukan beberapa waktu lalu bisa membawa semangat Jabar. Karena Jabar salah satu keung­gulan ekonominya itu ada pariwisata regional. Tidak hanya mengandalkan pesawat terbang. Pembangunan jem­batan gantung terpanjang ini akan selesai targetnya di per­tengahan 2023,” ungkapnya.

Terkait pembangunan infra­struktur di area tersebut, Kang Emil akan menyerahkannya sesuai kewenangan. Jika yang kewenangannya ada di Ka­bupaten Bogor, maka koor­dinasi akan dilakukan ke Pemkab Bogor.

Baca Juga  Ridwan Kamil Senang Berada di Sukabumi, Ini Alasannya

“Jika milik Provinsi Jabar, tentu bisa langsung kita ker­jakan. Tadi saya ke sini jalan­nya masih bolong-bolong. Saya kira kita perbaiki seiring waktu. Sehingga ke sini lancar,” pungkas Kang Emil. (fin/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.