Kang Emil Masuk 3 Besar Capres, Ketokohannya Sudah di Level Nasional

by -

METROPOLITAN.id – Nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kian melambung. Hasil survei dari Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research mencatat lelaki yang karib disapa Kang Emil ini masuk posisi tiga besar tokoh nasional yang berpeluang kuat dalam bursa calon presiden (capres) 2024.

Mantan Wali Kota Bandung ini mampu meraih skor eleketabilitas (keterpilihan) sebesar 13,8 persen dalam survei tersebut. Angka elektabilitas itu mengungguli tokoh lainnya seperti Anies Baswedan yang mendulang 7,5 persen, Sandiaga Uno 6,9 persen, dan AHY 6,4 persen. Sementara Khofifah Indar Parawansa dan Puan Maharani mengumpulkan 1,7 persen dan 1,5 persen.

Peneliti indEX Research, Hendri Kurniawan menjelaskan, survei ini melibatkan 1.200 responden, rentang 21-30 September 2021. Para responden diwawancarai via telepon secara acak di berbagai daerah di Indonesia. Margin of error dari survei ini berkisar di angka 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga  Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin China, ‘Tunduh Bae’, Makan Lebih Banyak

“Kang Emil bersaing ketat dengan Prabowo dan Ganjar Pranowo,” kata Hendri dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (10/10).

Dengan elektabilitas tersebut, pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan menilai mampu membuat warga Jabar bangga. Pemimpin daerahnya mendapat respons sangat baik dari responden nusantara. Kang Emil mampu bersanding dengan tokoh sekaliber Prabowo Subianto; kontestan Pilpres 2014 dan 2019, sekaligus Ketua Umun Partai Gerindra yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan (Menhan).

“Tentu saja warga Jawa Barat bangga Kang Emil masuk tiga besar capres potensial 2024. Masyarakat merindukan ada tokoh Jabar yang bisa menjadi figur nasional,” kata Firman.

Menurut Firman, saat ini rakyat Indonesia membutuhkan figur alternatif dari kalangan muda yang menunjukkan kinerja nyata. Dengan harapan, mampu memimpin lebih baik ke depannya.

Baca Juga  3 Bakal Cagub Jabar Ini Diusulkan PPP, Salah Satunya Mirip Sandiaga Uno, Siapa Dia?

“Saya pikir, Kang Emil merepresentasikan itu,” ungkapnya.

Dalam survei tersebut, nama Ridwan Kamil juga mampu membayangi Ganjar Pranowo, yang notabene elit PDI Perjuangan. Namun kans Ganjar maju sebagai capres, belum menyala terang.

“Sebab Ketua DPR RI Puan Maharani yang merupakan trah Soekarno, juga sedang ancang-ancang menuju kompetisi Pilpres 2024,” sambung Peneliti indEX Research, Hendri Kurniawan.

Tokoh lain yang masuk daftar hasil survei indEX di antaranya yakni Mensos RI Tri Rismaharini, Menteri BUMN Erick Thohir, Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha, Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

“Sejauh ini belum ada nama lain dari internal Golkar yang menjadi pesaing kuat Airlangga,” bebernya.

Baca Juga  Kang Emil Minta Kepala Daerah di Jabar Siapkan Gedung Pemerintahan Untuk Vaksinasi, Bima Arya Bilang Begini

Hendri mengungkapkan, dalam survei tersebut elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil cenderung naik. Sebaliknya, elektabilitas Prabowo mulai turun.

“Walau demikian, kans Prabowo maju sebagai capres masih jauh lebih besar, karena dia menjabat sebagai ketua umum partai politik,” terang Hendri.

Melengkapi hasil positif rilisan yang ada terkait capres 2024, survei indEX Research menunjukkan harapan masyarakat Indonesia atas kiprah Ridwan Kamil di panggung nasional.

Masyarakat kini semakin cerdas dengan melihat bukti konkret kerja keras seseorang; apakah politisi, terlebih lagi kepala daerah.

Hasil survei indEX Research menurutnya merupakan pertanda baik. Rakyat Indonesia menginginkan sosok pemimpin masa depan dari kalangan muda, profesional, berpengalaman dan pekerja keras. Sebagaimana ditorehkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selama ini. (*/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *