Kekurangan Nakes, Pustu Cisarua Terbengkalai

by -

METROPOLITAN – Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Cisarua di Kampung Cipeu­reup, RT 01/06, Desa Cisarua, Kecamatan Nang­gung, Kabupaten Bogor, sudah lama kosong. Kondisinya pun tak terurus karena sudah lapuk dan rawan roboh.

Menanggapi hal itu, Kepala Puskesmas Curugbitung melalui bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Dodo Priambodo, mengaku hingga kini pihaknya kekurangan tenaga kesehatan (nakes). Sehingga, Pustu Cisarua terpaksa dikosongkan. Terlebih, kondisi bangunan pustu juga tidak layak.

”Melihat kondisi bangunan yang sudah tidak layak, untuk sementara nakes tidak melayani di Pustu Cisarua,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Cisarua Ali Akbar mengaku keberadaan pustu di wilayah­nya terkesan tidak terurus.

Pustu yang meliputi Kampung Muara Ciipeureup dan Kampung Jangkarwetan dibangun pada 2017. Namun, pernah difungsikan selama dua tahun.

Baca Juga  Hiks, Sudah 6 Bulan Dana Insentif Nakes di Bogor Belum Disalurkan

Untuk pelayanan pustu seminggu dua kali, terlihat dari kehadiran petugas kesehatan. Namun, sudah dua tahun ini pustu itu tak pernah diguna­kan dan dibiarkan kosong.

”Tentu warga desa sangat menantikan pustu itu diaktifkan kembali dan petugas kesehatannya ditambah,” pungkasnya. (ads/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *