Kendaraan di Jakarta Mulai ‘Keluar Kandang’

by -

METROPOLITAN – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purn­omo Yogo, mengatakan, ada peningkatan volume ken­daraan yang masuk ke Ja­karta di tengah Pemberla­kuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Peningkatan kendaraan hing­ga 40 persen itu dihitung dari kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). ”Penambahan volume ken­daraan sekitar 30 sampai 40 persen. Kita pantau setiap hari dengan menggunakan ETLE,” ujarnya.

Sambodo memprediksi pe­ningkatan volume kendaraan akan terus bertambah setiap harinya. Hal itu terjadi lanta­ran adanya pelonggaran be­berapa aturan di Jakarta. Ka­rena itu, pihaknya juga me­mantau kendaraan yang masuk ke wilayah DKI Ja­karta. ”Akan terus bertambah. Kita akan pantau juga melalui pintu masuk tol ke Jakarta,” tegasnya.

Baca Juga  Harga Emas Naik Dibanderol Rp599 Ribu/Gram

Seperti diberitakan, Instruk­si Menteri Dalam Negeri No­mor 53 Tahun 2021 tentang level PPKM di Jawa-Bali men­gumumkan penurunan level PPKM di banyak wilayah. Salah satunya Provinsi DKI Jakarta yang kini turun level PPKM dari level 3 ke 2. ”Khu­sus gubernur DKI Jakarta untuk kabupaten/kota dengan kriteria level dua,” kata Inme­ndagri, Selasa (19/10).

Dalam draf tersebut, wi­layah DKI yang turun level mencakup semua kawasan. Mulai dari Kabupaten Admi­nistrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Ja­karta Timur, Kota Adminis­trasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pu­sat.

Dalam putusan Inmendag­ri tersebut, PPKM level 2 di DKI mulai berlaku per Selasa (19/10). Batas waktu yang ditentukan, yaitu dua pekan ke depan. ”Instruksi ini mulai berlaku pada 19 Oktober 2021 hingga 1 November 2021,” kata surat tersebut. (rep/tob/ suf/py)

Baca Juga  Penerapan Contraflow Demi Atasi Kemacetan

Leave a Reply

Your email address will not be published.