Kongres Ke-V JKPI Digelar Akhir Tahun di Kota Bogor

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor terus mematangkan rencana pelaks­anaan Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang akan digelar akhir tahun ini di Kota Bogor.

Sejumlah rangkaian kegiatan untuk memeriahkan acara yang berlangsung selama tiga hari itu pun, Kamis–Sabtu (2–4/12), kini sudah masuk tahap peni­laian dari Dewan Presidium maupun Direktur Eksekutif JKPI. Di antaranya, kegiatan seperti welcome dinner, pem­bukaan & pelaksanaan kongres, seminar budaya, pagelaran seni, pameran budaya, karna­val budaya sampai ke city tour, hingga penutupan acara Kon­gres ke-V JKPI.

“Secara keseluruhan, susunan acara sudah disetujui Dewan Presidium maupun Direktur Eksekutif JKPI dua minggu yang lalu,” kata Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

Baca Juga  Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Kongres ke-V JKPI

“Bahkan untuk beberapa venue tempat penyelenggar­aan acara sudah dicek langsung oleh Tim Sekretariat JKPI be­berapa minggu yang lalu,” sambungnya.

Dengan mengacu kepada keputusan Dewan Presidium terkait susunan rangkaian acara maupun detail kesiapan lainnya, jelas Syarifah, hal itu menjadi tonggak penyiapan secara konkret tim lokal Kota Bogor ke depannya.

Progres tindak lanjut yang sudah dilakukan tim lokal, mulai dari pelaksanaan peng­adaan barang dan jasa penun­jang kongres serta penataan kawasan Situs Batutulis.

“Selanjutnya sudah diagenda­kan untuk minggu depan rapat-rapat persiapan oleh kepani­tiaan lokal,” ujarnya.

“Untuk kesiapan kehadiran kabupaten/kota, para ang­gota JKPI yang konfirmasi sampai saat ini sudah menca­pai 30 persen,” lanjutnya.

Baca Juga  Kongres JKPI Kota Bogor Tetapkan Delapan Ibu Kota Kebudayaan

Soal lokasi acara Kongres ke- V JKPI, Syarifah mengaku su­dah mempersiapkannya. Namun, untuk kepastiannya belum bisa diumumkan ka­rena masih akan dilanjutkan melalui rapat-rapat kepani­tiaan berikutnya.

“Sementara ini dulu. Karena masih akan dilanjutkan rapat-rapat kepanitiaan berikutnya. Semua acara harus seperse­tujuan Presidium dan Direktur Eksekutif JKPI,” imbuhnya.

“Rangkaian tempat dan ru­tenya belum fix. Yang pasti (kegiatannya, red) akan ke Situs Batutulis,” katanya.

Sebelumnya, Kongres ke-V JKPI tahun ini akan dilaksana­kan di Kota Bogor. Sebagai tuan rumah, Kota Bogor sudah mempersiapkan berbagai ke­siapannya dalam menyambut kongres yang diinisiasi Presi­den Joko Widodo pada 2008 silam saat masih menjabat wali kota Solo. Dalam persia­pannya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, menjelaskan pelaksanaan kongres nanti akan berjalan sesuai prosedur tetap (protap) baku sebagai­mana yang sudah disepakati pada kongres di Banda Aceh, Maret lalu. (rez/eka/run)

Baca Juga  Diterima Presiden Jokowi di Istana Bogor, Bima Arya Serahkan Anugerah Bakti Utama Pusaka

Leave a Reply

Your email address will not be published.