KPUD Kabupaten Bogor Buat Podcast Ajak Ngobrol Ketua Parpol

by -

METROPOLITAN – Jelang tahun politik, Komisi Pemili­han Umum (KPU) Kabupaten Bogor memboyong para ketua partai politik (parpol) ke kan­tornya secara bergantian. Rupanya, para ketua parpol itu diajak ngobrol soal partai dan kepemiluan lewat Podcast KPU Corner.

Koordinator Divisi Sosiali­sasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM pada KPU Kabupa­ten Bogor, Herry Setiawan, mengatakan bahwa dalam upaya memberikan pendidi­kan kepemiluan kepada pe­milih, KPU Kabupaten Bogor membuat playlist video YouT­ube pada channel KPU KAB BOGOR yang berisi konten-konten kepemiluan.

Isinya meliputi kursus dan pelatihan (courses), berita (news), dan ulasan isu-isue aktual (reviews), yang akhir­nya menjadi akronim dari KPU CORNER. Video yang disajikan menggunakan set yang ka­sual dan dikemas dalam nu­ansa keakraban ala millenials. Harapannya, dapat menarik perhatian para pemilih muda untuk terlibat aktif dalam kerja-kerja kepemiluan.

Baca Juga  Bupati Bogor akan Jadi Narasumber Pertama di Podcast Desa Bantarsari

Herry menjelaskan salah satu materi yang sedang di­garap KPU Corner adalah soal kepartaian. Pihaknya mengundang seluruh ketua parpol yang ada di Bumi Tegar Beriman untuk sharing sepu­tar visi-misi partai hingga aktivitasnya.

“Ini sedang berjalan. Sudah beberapa yang hadir ke sini, seperti Partai Garuda, PKB, Gerindra, Nasdem, PDI Per­juangan, dan lainnya. Intinya kita akan undang semua ketua partai yang ada untuk ngob­rol-ngobrol soal kepartaian dan kepemiluan,” terang Herry, Sabtu (9/10).

Ia berharap program ini bisa mengenalkan soal ke­partaian dan kepemiluan kepada masyarakat secara luas. Format podcast lewat YouTube dipilih untuk men­jangkau masyarakat secara luas lantaran kebanyakan masyarakat saat ini biasa mengakses informasi lewat aplikasi digital.

“Kita ingin masyarakat juga mengetahui soal kepartaian, kepemiluan, dan hal-hal yang menyangkut KPU. Dengan format digital ini juga jadi lebih mudah diakses,” ungkapnya.

Baca Juga  Tiga Cahaya untuk Santri di Era Post Modern

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wa­hyuni mengatakan, KPU Cor­ner ini akan menjadi rang­kaian menuju diresmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Bogor.

Ia menjelaskan RPP meru­pakan pusat informasi sepu­tar kepemiluan yang disajikan lewat berbagai media dan bisa dikunjungi siapa pun. Seiring perkembangan zaman, KPU Kabupaten Bogor terus berusaha menyajikan infor­masi seputar kepemiluan yang mudah diakses masyarakat. Salah satu caranya lewat di­gitalisasi.

RPP Digital KPU Kabupaten Bogor memiliki konsep yang diberi nama Better, kepan­jangan dari Bogor Electoral Technology and Research. Sesuai namanya, RPP ini men­ghadirkan informasi kepemi­luan lewat teknologi dan riset.

“Kontennya misal kita punya simulator untuk e-voting, kita punya database digital hasil peta politik dari 2004, dan itu per-TPS bisa dilihat. Ada juga electoral games dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya terkait kepemiluan,” terang Ummi.

Baca Juga  Bupati Bogor akan Jadi Narasumber Pertama di Podcast Desa Bantarsari

Ke depan, Ummi ingin ma­teri-materi kepemiluan bisa dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan lewat digital atau e-learning. Atas inovasi ini, RPP Digital KPU Kabupaten Bogor terpilih menjadi yang terbaik se-Jawa Barat untuk tingkat KPU ka­bupaten/kota.

“Karena sekarang zamannya digitalisasi, e-learning. Kita berharap KPU Kabupaten Bogor terus berinovasi untuk e-learning, salah satunya lewat Better itu. Sekarang kami juga punya Podcast KPU. Dengan digitalisasi ini juga jadi tidak membatasi kami untuk memberikan edukasi kepada pemilih, seperti saat pandemi ini,” tandasnya. (fin/ eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *