Lansia di Bogor Ogah Divaksin Karena Takut Komorbid

by -

METROPOLITAN.id – Rendahnya jumlah orang lanjut usia (Lansia) yang belum divaksin, rupanya menjadi penyebab angka kematian tertinggi gegara covid-19. Hal itu membuat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar pemerintah daerah memfocuskan vaksinasi kepada lansia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Agus Fauzi mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat Kabupaten Bogor. Namun ia juga mengakui bahwa sampai saat ini cakupan vaksin kepada lansia masih dibawah 20 persen.

“Memang ini menjadi PR kita kedepan untuk mengakselerasi vaksinasi kepada lansia. Karena masih banyak lansia di Bogor ini belum divaksin,” kata Agus Fauzi.

Ia mengungkapkan masih menemukan beberapa kendala untuk melakukan vaksinasi kepada lansia tersebut. Tak sedikit lansia di Kabupaten Bogor ini takut divaksin karena memiliki penyakit bawaan, sehingga ia pun harus memastikan kembali kepada lansia yang akan mengikuti vaksinasi.

Baca Juga  PD PPJ Studi Banding Olah Sampah Pakai Larva

“Dari pengalaman sebelumnya, banyak lansia ini mempunyai komorbid seperti jantung, hipertensi dan beberapa yang lainnya. Dari komorbid itu menjadi pertimbangan lansia untuk ikut divaksin,” paparnya.

Di Kabupaten Bogor sendiri jumlah target lansia yang harus divaksin yakni 277 ribu orang yang baru terealisaikan yakni 111 ribu orang. Angka tersebut, lanjut Agus, akan bertambah dengan program vaksinasi yang terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Selain komorbit, Agus juga menjelaskan faktor lainnya yang menghambat vaksinasi kepada lansia adalah jarak tempuh lokasi vaksinasi massal dan pemukiman warga. Menurutnya tak sedikit lansia yang tinggal di wilayah yang tak terjangkau oleh kendaraan.

“Ini juga menjadi persoalan yang harus diselesaikan. Karena ada warga yang harus berjalan kaki kiloan meter ke sentra vaksin. Karena kalau bisa terjangkau oleh kendaraan kita memiliki mobil vaksin,” ungkapnya. (mam)

Baca Juga  Misteri Tengkorak Cewek di Semak Cisadane

Leave a Reply

Your email address will not be published.