Ngeri… TPA Cipayung di Ambang Overload

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kota (Pemkot) Depok memberdayakan pemilahan sampah di setiap RW untuk mengurangi beban pengiri­man sampah ke Tempat Pem­buangan Sampah Akhir (TPA) Cipayung.

Kabid Kebersihan dan Ke­mitraan DLHK Kota Depok, Iyay Gumelar, mengatakan, sampah rumah tangga men­jadi salah satu penyumbang terbesar di TPA Cipayung. Bahkan, sampah di TPA Ci­payung sudah di ambang overload sehingga perlu di­antisipasi. ”Salah satunya yakni memberdayakan pe­milahan sampah di tingkat RW untuk mengurangi beban sampah,” ujar Iyay di Depok.

Iyay menjelaskan, pemila­han sampah dinilai mampu mengurangi beban sampah dan sampah yang sudah di­pilah antara organik dan anorganik dapat dikirim ke Unit Pengolahan Sampah (UPS). Sampah organik yang sudah terpilah dapat dijadi­kan pupuk atau kompos. ”Selain dijadikan kompos sampah organik juga akan diolah menggunakan maggot untuk mengurangi beban sampah organik,” ungkapnya.

Baca Juga  Satu Seragam Sekolah Untuk Sepekan

Iyay menjelaskan, di Kota Depok terdapat 200 RW yang sudah memilah sampah. RW tersebut merupakan RW ak­tif yang melakukan pemilahan organik dan anorganik. Tidak hanya RW, terdapat juga se­jumlah RW yang memiliki bank sampah.

”Iya, ada RW yang memi­liki bank sampah, karena selama pandemi sejumlah RW mengaktifkan masyara­katnya untuk kegiatan posi­tif, salah satunya ya tadi, pemilahan dan bank sampah,” terang Iyay.

Setiap harinya sebanyak 70 ton sampah organik masuk ke 31 UPS yang tersebar di setiap kecamatan. Namun terdapat sejumlah UPS yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kendala. Dari satu ton sampah, 93 persennya berupa sampah organik dan tujuh persen sampah anorganik yang ter­selip dalam pengangkutan.

Baca Juga  Melongok Kondisi Jalan Batas Desa Cipayung-Cipayunggirang, Tak Pernah Tersentuh Program Pembangunan Pemerintah Desa

”Setiap harinya kami mam­pu menghasilkan 10 ton sam­pah organik yang dapat di­minta masyarakat untuk keperluan bertanam,” pung­kasnya. (lip/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *