Nggak Cuma Direlokasi, Patung Kapten Muslihat bakal Diganti Tembaga, Ini Lokasi Barunya

by -
Di persimpangan jalan inilah lokasi baru patung Kapten Muslihat yang akan direlokasi dampak pembanguna Alun-Alun Kota Bogor di lahan eks Taman Topi. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Pembangunan Alun-Alun Kota Bogor di lahan eks Taman Topi (Taman Ade Irma Suryani) tak hanya ‘mengorbankan’ puluhan pohon keropos yang mesti ditebang. Salah satu bagian ikonik Taman Topi, yakni patung Kapten Muslihat, juga mesti direlokasi ke tempat lain.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) memutuskan untuk merelokasi patung Kapten Muslihat, dari lokasi eksisting ke kawasan simpang Jalan Merdeka-Jalan Veteran. Hal itu diungkapkan Kepala Disperumkim Kota Bogor Juniarti Estiningsih.

Sejatinya, ada beberapa opsi rencana pemindahan patung ikonik Kota Bogor itu. Mulai dari rencana dipindah ke titik baru di lokasi Alun-Alun Kota Bogor yang sedang dibangun hingga eksodus ke Museum Perjuangan.

Baca Juga  Bus BTS Ngaspal di Bogor, ZM : Awas Nasibnya Sama dengan Bus Transpakuan, Jadi Bangkai di Terminal Bubulak

“Sempat mau ke Museum Perjuangan, tapi lokasi baru nggak representatif sama ukurannya. Akhirnya kami putuskan bakal direlokasi ke median jalan di simpang pertigaan Jalan Merdeka-Jalan Veteran, depan toko Irama Nusantara lah,” katanya saat ditemui Metropolitan.id di ruangannya, akhir pekan lalu.

Pemindahan patung Kapten Muslihat juga akan diiringi penataan taman kecil di lokasi tersebut. Serta dekorasi pada patung nantinya, seperti lampu yang akan bercahaya pada malam hari.

Rupanya tidak sekedar relokasi tempat, patung yang dipindah rupanya bukan patung yang ada atau eksisting sekarang, namun akan diganti baru dengan material yang berbeda. Nantinya, patung baru Kapten Muslihat yang akan menghiasi simpang Jalan Merdeka-Jalan Veteran bakal terbuat dari tembaga.

Baca Juga  Haduh, Pemotor Berplat Merah Hendak Kabur Saat Razia Masker, Nyaris Tabrak Satpol PP

“Jadi patung yang sekarang itu diminta oleh keluarga ahli waris, sedang dalam pemotongan karena ahli waris hanya meminta setengah badan. Jadi nanti ganti baru dengan material tembaga, tapi bentuk dan ukuran akan identik dengan yang lama. Jadi memang relokasi dan penggantian baru,” ujarnya.

Esti, sapaan karibnya menambahkan, usulan kegiatan penggantian patung Kapten Muslihat itu diusulkan untuk tahun anggaran 2022 nanti. Untuk nilai estimasi biaya, kata dia, belum fiks dan masih dalam tahap penghitungan.

“Usulan sudah dimasukkan ke anggaran 2022. Jadi kita mulai bikin tahun depan, untuk kemudian dipasang di lokasi baru disertai penataan taman dan dekorasinya. Untuk tahun ini, patung eksisting kita serahkan ke ahli waris keluarga, untuk kemudian tahun depan penggantian patung baru sekaligus relokasi ke tempat baru di pertigaan Jalan Merdeka-Jalan Veteran,” tutup Esti. (ryn)

Baca Juga  Cerita Nur Mengajar Anaknya Belajar Daring Sambil Berjualan, Kuota Internet Membengkak

Leave a Reply

Your email address will not be published.