Nggak Kunjung Diparipurna, Raperda Status PDJT ‘Tertahan’ di Kejari

by -

METROPOLITAN.id – Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan status Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) masih harus tertunda.

Sebab, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bogor tengah meminta Legal Opinion (LO) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor. Meskipun sebelumnya Panitia Khusus (Pansus) PDJT sudah mengantongi LO dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat.

Wakil Ketua I DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin pun menegaskan bahwa Permintaan LO kepada Kejari Kota Bogor tidak terkait kasus yang tengah digarap korps Adhyaksa itu.

Namun lebih kepada meminta tanggapan hukum terkait pengesahan Raperda PDJT saja.

“Jadi kami tidak berbicara mengenai kasus yang sedang berjalan di Kejari. Jadi normatif saja, kami minta pandangan hukum,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga  Dorr! Dua Tersangka Penganiaya Personel Poldasu

Namun memang, sambung dia, LO diminta karena ada kekhawatiran dari DPRD terhadap adanya kasus yang saat ini sedang berjalan di kejaksaan.

Jika sampai 9 November LO belum keluar, kata Jenal, otomatis nanti akan dihandle Badan Pembuat Perda (Bapemperda) untuk dimasukan ke Badan Musyawarah (Bamus), agar dijadwalkan paripurna.

Sebab, masa kerja Pansus PDJT habis pada November mendatang.

“Tapi mudah-mudahan LO tuntas sebelum pansus selesai. Meskipun LO keluar setelah pansus kadaluarsa. Nggak berpengaruh terhadap Raperda. Yang kadaluarsa itu pansusnya. Bukan raperda-nya,” tukas politisi Gerindra itu.

Sebelumnya, Pansus PDJT sudah menyelesaikan kajian dan menyerahkan hasil ke Bamus DPRD serta meminta untuk diparipurnakan. Namun, Bamus melayangkan surat permintaan LO kepada Kejari Kota Bogor, per 25 Oktober lalu.

Baca Juga  Hadirkan Generasi Baru Scoopy Dengan Beragam Fitur Baru

Padahal diketahui, Pansus PDJT sudah mengantongi LO dari Kejati Jawa Barat. Alhasil, regulasi perubahan nama PDJT dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi Perumda, mesti tertunda. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.