Ngobrol Bareng KPU, Bupati Kagum Informasi Kepemiluan Disajikan ala Milenial

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor, Ade Yasin, menda­tangi kantor KPU Kabupaten Bogor, Selasa (12/10). Ia di­undang untuk ngobrol santai lewat Podcast KPU Corner.

Dalam kesempatan itu, Ade Yasin mengapresiasi terobo­san KPU Kabupaten Bogor yang menghadirkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital yang diberi nama Better, ke­panjangan dari Bogor Elec­toral Technology and Research. RPP Digital ini menghadirkan informasi seputar kepemi­luan berbasis teknologi yang mudah diakses. Aplikasi RPP digital ini juga tersedia untuk pengguna android.

“Tadi ngobrol-ngobrol san­tai kaitan dengan kegiatan saya dan dukungan Pemkab terhadap KPU. Saya juga men­dukung aplikasi Better. Saya patut apresiasi karena ini se­suatu yang baru dan sangat friendly dengan milenial atau gen-z. Ada aplikasi-aplikasi yang sudah berjalan di situ, sehingga kita mudah mengak­ses untuk mencari informasi soal pemilu,” ujar Ade Yasin.

Baca Juga  Tingkatkan Partisipasi Pemilih lewat Jalan Sehat

Dengan penyajian infor­masi secara digital ala mile­nial ini bagus untuk menarik minat anak muda dalam hal kepemiluan. Ade Yasin juga menyampaikan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor terhadap penyel­enggara pemilu. Hal itu di­buktikan lewat keberpihakan anggaran untuk persiapan pesta demokrasi dan fasilitas penunjangnya.

“Sangat luar biasa saya kira (dukungan pemkab), kita sudah sangat banyak mendukung lembaga penyel­enggara pemilu. Kita juga sedang menyiapkan gudang KPU sekitar Rp17 miliar. Lalu, Bawaslu kita bangun gedungnya agar nyaman. Lalu biaya persiapan pil­kada juga cukup besar, di atas Rp200 miliar. Itu bentuk du­kungan kita terhadap penyel­enggara pemilu. Sebab, TPS kita juga paling besar, sekitar 15.000 TPS, pasti butuh ang­garan besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sosialisasi, Partisi­pasi Masyarakat dan SDM pada KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan, berharap program ini bisa mengenal­kan soal kepemiluan kepada masyarakat secara luas. For­mat Podcast lewat Youtube dipilih untuk menjangkau masyarakat secara luas lan­taran kebanyakan masyara­kat saat ini biasa mengakses informasi lewat aplikasi di­gital. “Kita ingin masyarakat juga tahu soal kepemiluan dan hal-hal yang menyang­kut KPU. Dengan format digital ini jadi lebih mudah diakses,” ungkapnya.

Baca Juga  SDN 02 Citeureup Akhirnya Dapat Bantuan Renovasi

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Um­mi Wahyuni, mengapresiasi dukungan Pemkab Bogor untuk suksesi pesta demo­krasi. Terkait RPP digital, Ummi menjelaskan bahwa ruang tersebut menjadi pu­sat informasi seputar kepe­miluan yang disajikan lewat berbagai media dan bisa dikunjungi siapa pun.

Seiring perkembangan za­man, KPU Kabupaten Bogor terus berusaha menyajikan informasi seputar kepemi­luan yang mudah diakses masyarakat. Salah satu cara­nya lewat digitalisasi. RPP ini menghadirkan informasi ke­pemiluan lewat teknologi dan riset.

“Kontennya misal kita punya simulator untuk e-Voting, kita punya database digital hasil peta politik dari 2004 dan itu per-TPS bisa dilihat. Ada juga electoral games dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya terkait kepemiluan,” terang Ummi.

Baca Juga  Ru’yat-Zaenul Koalisi Bermodal, Edgar-Sefwelly Ucap Syukur

Ke depan, Ummi ingin ma­teri-materi kepemiluan bisa dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan lewat digital atau e-learning. Atas inovasi ini, RPP Digital KPU Kabupaten Bogor terpilih menjadi yang terbaik se-Jawa Barat untuk tingkat KPU ka­bupaten/kota.

“Karena sekarang zamannya digitalisasi, e-learning. Kita berharap KPU Kabupaten Bogor terus berinovasi untuk e-learning, salah satunya lewat Better itu. Sekarang kita juga punya Podcast KPU. Dengan digitalisasi ini jadi tidak mem­batasi kita untuk memberikan edukasi kepada pemilih, se­perti saat pandemi ini,” tan­dasnya. (fin/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *