Pelaku UMKM 34 Persen Kaum Perempuan

by -

METROPOLITAN – Men­teri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang selama ini berkontribusi be­sar terhadap perekonomian negara mayoritas dikerjakan kaum perempuan.

Teten menyebut terdapat sekitar 34 persen UMKM yang dijalankan kaum perempuan. Dari jumlah tersebut, 50 per­sen merupakan UMKM kelas menengah dan 52,9 persen UMKM kelas usaha mikro.

”Dari angka ini, perempuan mendominasi UMKM Indo­nesia,” ujarnya dalam Webinar Semangat dan Aksi Perem­puan Andalan untuk Indone­sia, Selasa (5/10).

Teten mengaku pihaknya mencatat kontribusi perem­puan dalam PDB mencapai 9,1 persen atau setara Rp1.381 triliun. Selain itu, pelaku usaha perempuan yang men­capai 21 persen juga menjadi yang terbesar dari rata-rata negara didunia yang hanya 8 persen. Sehingga, kontribusi kaum hawa terhadap pening­katan ekonomi nasional cukup besar.

Baca Juga  Tingkatkan Ekonomi Warga

Teten mengungkapkan, se­lama pandemi, pebisnis pe­rempuan banyak mengalami kerugian. Dari 87 pengusaha UMKM perempuan, 90 per­sennya melaporkan membu­tuhkan pendanaan mendesak. Sementara 25 persen dari mereka juga kehilangan se­tengah dari pendapatannya. Serta, dua dari tiga usaha yang dijalankan perempuan ter­paksa tutup sementara atau permanen.

Teten menambahkan, ter­dapat sejumlah tantangan agar UMKM perempuan dapat bertahan menghadapi pan­demi. Sebab, turunnya per­mintaan, berkurangnya lia­bilitas usaha, minimnya ka­pasitas dan fasilitas digital, kurangnya sumber daya, dan berbagai hal lain terjadi ka­rena aktivitas kegiatan masy­arakat seperti sekolah dan perusahaan menerapkan berkegiatan di rumah. “Ini semua terjadi bersamaan dengan kebijakan school from home dan work from home,” pungkasnya. (jp/feb/run)

Baca Juga  Mandirikan Warga Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *