Pemdes Gobang Muluskan Jalan di Kampung Terisolasi

by -

METROPOLITAN – Mening­katkan perekonomian masy­arakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, membangun akses jalan melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), dengan panjang 1.500 meter.

Kepala Desa Gobang, Abdi­lah Alawi, mengatakan bahwa bantuan Samisade dari Bu­pati Bogor direalisasikan ak­ses Jalan Kampung Kukuk Sumpung di tiga RT. Selain meningkatkan ekonomi ma­syarakat, akses tersebut bisa tembus ke desa lain dan Ke­camatan Cigudeg.

”Manfaatnya bukan hanya untuk warga sekitar, tapi un­tuk masyarakat di dua desa. Bahkan, akses jalan tersebut bisa tembus ke Desa Banyua­sih, Kecamatan Cigudeg,” kata Abdilah Alawi.

Ia menuturkan, pengerjaan Samisade ini memang beda dengan desa lainnya. Selain terjal dan curam, akses ke lokasi tersebut sangat jauh. Bahkan material bangunan itu sendiri sampai distok di samping kantor Desa Gobang.

”Samisade di Desa Gobang memang sangat jauh. Meski begitu, kita berupaya maksimal, sehingga pengerjaan Samisa­de bisa tepat sasaran,” ujar Abah Alawi, sapaan akrabnya.

Abah Alawi menyebut pembangunan Samisade itu sepanjang 1.500 meter, dengan lebar 2,5 meter. Ia berharap pembangunan Samisade akan melebihi dari yang sebelum­nya hingga mencapai tiga meter lebarnya.

”Kita akan lebihkan, baik itu panjang atau lebar. Hal ini bertujuan melaraskan taraf hidup masyarakat yang ting­gal di atas perbukitan,” terang­nya.

Ia mengaku alasan kuat me­realisasikan Samisade ke Kam­pung Kukuk Sumpung lantaran akses kampung tersebut teri­solasi. Selain itu juga banyaknya potensi seperti buah-buahan dan lainnya.

”Selain itu, ada pemandangan Gunung Eusing yang bagus. Ke depan, kita akan buat wi­sata dan menjadikan Gobang menjadi desa wisata,” pungkas Alawi. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *