Pemkab Bogor Gelar Lomba MQK dan Nadzom Alfiyah

by -

METROPOLITAN – Dalam menyambut Hari Santri Na­sional, Pemerintah Kabupa­ten (Pemkab) Bogor meng­gelar lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) secara virtual dan lomba Video Nad­zom Alfiyah, di aula Disko­minfo Kabupaten Bogor, Selasa (12/10).

Bupati Bogor Ade Yasin mengajak para santri Kabu­paten Bogor memeriahkan Hari Santri Nasional dengan mengikuti MQK dan lomba Video Nadzom Alfiyah guna melahirkan santri-santri yang hebat dunia dan akhirat.

”Hebat ilmu pengetahuan dan agama, berlandaskan iman dan takwa, jadi santri siaga jiwa dan raga,” kata Ade Yasin.

Kepala Bagian Kesejahte­raan Rakyat Kabupaten Bogor Abdul Aziz mengatakan, ke­giatan MQK secara virtual dan lomba Video Nadzom Alfiyah dilakukan dalam me­nyambut dan memeriahkan Hari Santri Nasional.

Baca Juga  355 Santri Bogor Ikuti MQK

Berdasarkan pendaftaran dari 40 kecamatan, sebanyak 25 kecamatan yang ikut ser­ta dalam kegiatan MQK 2021, dengan total peserta seba­nyak 41 orang terdiri dari 22 putra dan 19 putri.

Ia menyebut MQK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, di 2021 ini hanya satu cabang yang dilombakan, yaitu tingkat marhala ula. Artinya, tahun ini hanya satu cabang yang dilombakan dan tingkatannya yang paling tinggi.

”Karena kegiatan ini adalah kegiatan rutin dalam rangka Hari Santri. Dan Insya Allah yang juara tahun ini akan kita ikutkan nanti di tingkat provinsi,” ujar Aziz.

Untuk diketahui, ada juga kegiatan lainnya yakni lom­ba Video Nadzom Alfiyah, yang prosesnya dimulai dari 4–17 Oktober 2021. Bilamana ada pondok pesantren atau siapa pun yang ada di Kabu­paten Bogor yang akan mengikuti, buat videonya dan disampaikan kepada panitia yang sudah disebar melalui media sosial.

Baca Juga  Peringati Hari Santri 2021, MWC NU Jasinga Libatkan Pesantren Gelar MQK

”Pengumuman akan disam­paikan pada 22 Oktober 2021, bertepatan dengan upacara Hari Santri Nasional sekaligus peringatan Maulid Nabi Mu­hammad SAW,” tandasnya. (*/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *