Percepat Program Kampus Merdeka, Kemendikbudristek Mulai Berdayakan Duta

by -

METROPOLITAN – Kemen­terian Pendidikan, Kebuday­aan, Riset dan Teknologi (Ke­mendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidi­kan Tinggi, Riset dan Tekno­logi (Ditjen Diktiristek) telah meresmikan penugasan Duta Kampus Merdeka untuk 265 dan seorang Koordinator Duta Kampus Merdeka dalam acara Kick Off Penugasan Duta Kampus Merdeka pada Senin (18/10).

Menteri Pendidikan, Kebu­dayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyam­paikan antusiasmenya atas peran para duta yang akan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan bimbingan dari dalam perguruan tinggi masing-masing, baik kepada mahasiswa, dosen maupun ketua program studi (prodi). “Saya menaruh harapan besar kepada ibu dan bapak untuk memastikan kebijakan dan kurikulum Kampus Merdeka dapat diterapkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Mendikbudristek juga menekankan pentingnya peran Duta Kampus Merdeka dalam memastikan kesiapan dan keberlanjutan implemen­tasi kebijakan Kampus Mer­deka. “Saya yakin dengan semangat gotong royong, program-program Kampus Merdeka ini dapat terlaksana dengan baik. Mari kita ber­gerak serentak untuk men­cerdaskan generasi penerus bangsa dan mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” pesannya.

Baca Juga  Kemendikbudristek Rekrut 700 Pelatih Ahli Sekolah Penggerak

Duta Kampus Merdeka ada­lah program dari Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Kemendikbudristek, Nizam yang ditujukan bagi para do­sen untuk membantu mengi­dentifikasi dan mengatasi tantangan implementasi Kampus Merdeka yang masih banyak ditemui di perguruan tinggi.

Peran utama Duta Kampus Merdeka adalah sebagai go-to-person di perguruan ting­gi asal maupun perguruan tinggi sekitar untuk menjawab dan membantu memecahkan masalah seputar program Kampus Merdeka sehingga tidak ada lagi kendala untuk mengimplementasikannya pada kurikulum perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini, para duta diberikan berbagai ma­teri pembekalan untuk me­nyamakan persepsi tentang program Duta Kampus Mer­deka dan apa saja yang harus mereka lakukan. Direktur Pembelajaran dan Kemaha­siswaan, Aris Junaidi, pada kesempatan ini juga meny­ampaikan urgensi implemen­tasi Kampus Merdeka untuk mendorong pencapaian In­dikator Kinerja Utama (IKU) dan pentingnya sinergi an­tara LLDikti, Perguruan Ting­gi, Fakultas, dan Prodi.

Baca Juga  Kemendikbudristek Dorong Percepatan Penuntasan Buta Aksara

Senada dengan itu, Direktur Sumber Daya, Sofwan Ef­fendi menjelaskan bahwa materi pembekalan mengenai tantangan yang dihadapi per­guruan tinggi dalam imple­mentasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka agar para duta bisa mempersiapkan diri dengan lebih lagi dan menjadikan hal tersebut acuan untuk penyusuan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh para duta.

“Skema penghargaan akan diberikan kepada Duta Kam­pus Merdeka yang melakukan tugasnya dengan baik. Duta yang paling aktif dan men­ciptakan dampak yang signi­fikan akan berkesempatan mendapatkan fast track untuk program pengembangan kom­petensi yang dikelola oleh Direktorat Sumber Daya,” terang Sofwan.

Di samping itu, Koordinator Duta Kampus Merdeka yang baru terpilih, Yanuar Dwi Prastyo, memberikan arahan rencana kerja dan strategi untuk mengoptimalkan tugas dan peran duta hingga akhir 2021.

Baca Juga  Kemendikbudristek Luncurkan Program Kampus Merdeka Vokasi

Dalam paparannya, Yanuar memberikan materi pembe­kalan berupa panduan, lan­dasan dan tahapan peng­embangan kurikulum yang mengoptimalkan profil lulu­san. Selain itu, Yanuar juga memberikan simulasi inte­grasi kurikulum serta proses rekognisi dan konversi SKS untuk program Kampus Mer­deka. “Simulasi proses ini semoga akan menginspirasi dan memudahkan duta lain dalam mereplikasi proses tersebut di perguruan tinggi masing-masing,” harapnya.

Hingga akhir periode penu­gasan di 2021, Duta Kampus Merdeka terpilih akan mela­kukan berbagai kegiatan ak­selerasi implementasi Kampus Merdeka Bersama dengan Koordinator Duta Kampus Merdeka. Laporan kegiatan Duta Kampus Merdeka juga akan menjadi bahan kajian untuk penerapan kebijakan untuk 2022. (*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *