Peringati Hari Santri 2021, MWC NU Jasinga Libatkan Pesantren Gelar MQK

by -

Memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Jasinga menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) santri, kemarin. Para peserta datang dari sejumlah pondok pesantren (ponpes).

BEBERAPA ponpes yang mengirimkan santri untuk ikut MQK antara lain Ponpes Al Basmalah Desa Babakan, Ponpes AlKholiliyah Desa Sipak, dan Ponpes Roudhotul Falah Al-Hasanah.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Jasinga KH Dadun Kohar mengungkapkan, rang­kaian kegiatan MQK ini mer­upakan bagian dari peringatan HSN tingkat Kecamatan Jasinga.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa menyelenggarakan MQK dalam Hari Santri. Ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya,” katanya.

Dadun mengungkapkan, banyak cara yang bisa dila­kukan untuk memaknai pe­ringatan HSN. Namun, MWC Jasinga memilih kegiatan yang bisa dirasakan manfaatnya bagi kiai, pesantren, dan san­tri itu sendiri.

Baca Juga  Pemkab Bogor Gelar Lomba MQK dan Nadzom Alfiyah

“Tahun ini kita fokus ke MQK dan upacara hari santrinya. Yang lebih awal kita program vaksinasi di pesantren,” be­bernya.

Sementara itu, Ketua HSN Kecamatan Jasinga H Ade Irawan mengatakan, rang­kaian kegiatan HSN tingkat Kecamatan Jasinga cukup banyak. Dimulai dengan upa­cara HSN, lomba MQK, dan manaqib kubro.

“Kita coba merangkai ke­giatan yang bisa diikuti ba­nyak santri dan pesantren yang ada di Kecamatan Jasinga,” ujarnya.

Ia mengatakan, HSN ini un­tuk memperingati peran kaum kiai dan kaum santri dalam melawan penjajah yang ber­tepatan dengan resolusi jihad dari KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 2021. Ia berharap dengan peringatan ini masy­arakat bisa memaknai isi ke­giatan ini.

Baca Juga  355 Santri Bogor Ikuti MQK

“Tujuan Hari Santri Nasional untuk mengingatkan masy­arakat dan para santri tentang perjuangan dan meneladani semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama sebelumnya,” pungkasnya. (ads/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *