Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Kabupaten Bogor Gelar FGD soal Perda Pembangunan Kepemudaan

by -

METROPOLITAN.id – Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Bogor menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan membahas Implementasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pembangunan Kepemudaan. FGD tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Acara FGD tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin. Dalam sambutannya Ade Yasin mengatakan bahwa pemuda adalah pemersatu bangsa. Sehingga ia berharap para pemuda yang ada di KNPI harus menunjukkan kedewasaan dalam segala hal.

“Saat di luar KNPI, silakan menggunakan identitas kelompok atau warna apapun. Tapi saat masuk KNPI identitasnya sama, jasnya biru dan tujuannya untuk memajukan pemuda,” kata Ade Yasin.

Dalam peringatan sumpah pemuda kali ini, Ade Yasin berharap KNPI harus bersiap menghadapi bonus demografi 2045. Sebab bonus demografi bisa menjadi ancaman jika pemuda tidak siap. Tetapi juga bisa menjadi potensi jika pemuda siap dengan skill, kreatif dan inovatif serta dengan gagasan yang brilian.

Baca Juga  Serapan Anggaran Rendah Pemkab Bogor Salahkan Pusat

Ade Yasin juga menegaskan, bahwa sebagai bukti implementasi dari Perda nomor 1 tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan program Beasiswa Pancakarsa untuk 1.200 Pemuda yang berprestasi.

“1.200 Beasiswa Pancakarsa untuk pemuda adalah salah satu bukti implementasi dari Perda nomor 1 tahun 2020 tentang pembangunan kepemudaan yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda terbaik untuk membangun kabupaten bogor,” paparnya.

 

Ketua KNPI Kabupaten Bogor Fikri Insasi saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, Fikri Ikhsani mengungkapkan, bahwa selama ini program-program yang telah dirancang terkendala oleh pandemi Covid-19, namun seiring berjalan waktu DPD KNPI mampu berkreasi dan terus beradaptasi.

“Pandemi menjadi tantangan bagi KNPI merealisasikan program. Sehingga kami berkreasi dan berinovasi dengan membentuk Tim Satgas KNPI, dan juga membentuk Tim Mitigasi Bencana, serta melakukan kegiatan seperti bakti sosial dan membentuk sentra vaksinasi pemuda. Bahkan kami pun merapikan administrasi yang transparan dan akuntabel,” ujar Fikri.

Baca Juga  TMMD Sasar Desa Ciomas Bogor, TNI Bangun Akses Jalan Tenjo-Cigudeg-Parungpanjang

“Sehingga di akhir tahun 2020 DPD KNPI Kabupaten Bogor mendapatkan penghargaan dari DPD KNPI Jawa Barat dalam bidang pengelolaan bencana dan pengelolaan administrasi terbaik se-Jawa Barat,” sambung Fikri.

Fikri melanjutkan, tema Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021 ini mempertegas bahwa kebangkitan pemuda adalah cerminan dari kebangkitan bangsa. Sebab hari Sumpah Pemuda ke-93 ini menjadi momentum untuk bangkit dan terus tumbuh. Sementara itu, berkaiatan dengan Perda Pembangunan Kepemudaan menurutnya hal tersebut dasar sebagai eksistensi pemuda dengan cara selalu bersinergi dan berkolaborasi.

“Kami berharap melalui perda ini permasalahan kepemudaan dapat diselesaikan. Oleh karena itu, saya mengajak, mari berpartisi aktif dalam pembangunan kepemudaan di Kabupaten Bogor,” ungkapnya. (mam)

Baca Juga  Banyak Pekerja Asing, Bupati Ngadu ke Menkopolhukam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *