Permintaan Tinggi, Tiga Remaja 19 Tahun Nekat Bikin Home Industri Tembakau Sintetis

by -
Tiga orang remaja berhasil diciduk oleh Satnarkoba Polres Bogor karena memproduksi tembakau sintetis.

METROPOLITAN.id – Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Bogor kembali mengungkap jaringan pengedar dan home industri tembakau sintetis. Kali ini tiga remaja remaja asal Bandung berhasil diciduk dengan sejumlah barang bukti.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, penangkapan tiga tersangka ini merupakan rangkaian dari pengungkapan kasus-kasus sebelumnya. Dari hasil pemeriksaan, ketiga tersangka ini sudah menjalankan bisnis haramnya selama dua tahun terakhir, dengan memproduksi puluhan kilo tembakau sintetis.

“Semua terangka berusia 19 tahun, mereka menjalankan bisnisnya dengan menyewa rumah di Kota Bandung menjadikanya home industri untuk memproduksi tembakau sintetis ini,” kata Harun.

Hasil penggeledahan rumah kontrakan ketiga tersangka ini ditemukan 14 bungkus plastik bening yang berisikan serbuk narkotika dengan berat 286 gram, bahan baku tembakau, pewarna makanan, mesin pengaduk serta beberapa barang bukti lainnya.

Baca Juga  Sebulan, Polres Bogor Gulung 38 Bandar Narkoba

Harun menjelaskan ketiga tersangka ini memiliki profesi seperti RAN merupakan sales apartemen, WZ karyawan sablon dan MAP karyawan sablon. Harun juga melanjutkan, jika ketiga tersangka ini nekat melakukan bisnis haram ini lantaran banyak peminat khususnya anak-anak muda.

“Ini merupakan rangkaian dari kasus sebelumnya, diamana ada enam kasus dengan 14 tersangka yang kita ungkap dengan bahan baku sintetis 23,74 kg, lalu tembakau sintetis 15,92 kg,” paparnya.

Ketiga tersangka ini dijerat pasal 114 ayat 2 atau 112 ayat 2 UU nomor 35 tentang narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup atau pidana penjara minimal lima tahun penjara serta denda Rp1 Miliar. (gi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *