PPKM Di Kabupaten Bogor Kembali Diperketat, Anak di Bawah 12 Tahun Dilarang Masuk Mal Lagi

by -

Selain mengejar capaian vaksinasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor harus lebih bekerja keras untuk memperketat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

SETELAH dikeluarkannya Kabupaten Bogor dari wi­layah aglomerasi Jabodetabek, sejumlah kegiatan atau akti­vitas masyarakat makin dip­erketat. Seperti anak usia di bawah 12 tahun saat ini dila­rang masuk pusat perbelan­jaan, seperti mal atau seje­nisnya. Padahal pada PPKM sebelumnya, anak usia 12 tahun diizinkan masuk mal. Begitu juga dengan aktivitas masyarakat yang dapat men­gundang banyak orang tidak diizinkan. “Sedikit banyak memang ada dampaknya pasca-dikeluarkannya kita (Kabupaten Bogor, red) dari wilayah aglomerasi,” kata Bu­pati Bogor, Ade Yasin.

Meski begitu, rupanya hal itu tidak mematahkan seman­gat Satgas Covid-19 Kabupa­ten Bogor untuk bisa turun level dalam PPKM. Bahkan, Ade Yasin menyebutkan, pi­haknya tengah fokus menge­jar target vaksinasi agar akhir Desember, PPKM di Kabupa­ten Bogor bisa turun level.

Baca Juga  Kapolsek Pasar Rebo Longok Posko PPKM, Minta Masyarakat Terapkan Prokes

“Saya kira kita sudah lakukan percepatan, termasuk meli­batkan TNI dari pusat. Per­soalan vaksinasi belum ter­capai 70 persen, karena pen­duduk kita semakin banyak, sehingga tidak bisa dibanding­kan dengan daerah sekitar yang penduduknya lebih sedikit,” paparnya.

Ade Yasin mengaku optimis pihaknya dapat menyelesaikan program vaksinasi tersebut pada akhir tahun. Begitu juga saat ini, Kabupaten Bogor tidak menjadi penghalang daerah di sekitarnya yang telah menerapkan PPKM le­vel 2.

Sebelumnya, Menteri Koor­dinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan ba­hwa wilayah Bogor dikeluar­kan dari aglomerasi Jabode­tabek bersama Tangerang dari penilaian daerah yang turun level PPKM.

“Tadi presiden memberikan arahan untuk tidak menahan terus kabupaten yang lain, maka Bogor dan Tangerang dikeluarkan dari Jabodetabek,” kata Menko Luhut dalam kon­frensi pers daring soal perpan­jangan PPKM di Pulau Jawa dan Bali yang disiarkan mela­lui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10).

Baca Juga  Level PPKM Kota Bogor Tergantung Kabupaten

Menurutnya, wilayah Bogor, khususnya Kabupaten Bogor, tidak bisa turun ke level 2 PPKM karena cakupan vaksi­nasi belum mencapai target. Untuk itu, pemerintah bakal melakukan operasi khusus oleh TNI/Polri bersama Ke­menterian Kesehatan ke Ka­bupaten Bogor untuk mem­percepat target vaksinasi. (mam/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *