PT Indocement Sabet Dua Penghargaan Bergengsi Lingkungan Hidup

by -
PENGHARGAAN: PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk sabet dua penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup selama September 2021.

CITEUREUP – PT Indoce­ment Tunggal Prakarsa Tbk berhasil menyabet dua pen­ghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup selama September 2021. Penghar­gaan pertama adalah peng­hargaan Subroto Bidang Efi­siensi Energi 2021 dari Ke­menterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Se­mentara penghargaan kedua adalah ASEAN Energy Awards 2021 dari ASEAN Center of Energy.

Direktur sekaligus Sekreta­ris Perusahaan Indocement Antonius Marcos mengung­kapkan, untuk penghargaan Subroto Bidang Efisiensi En­ergi 2021, pihaknya meraih kategori Manajemen Energi di Gedung dan Industri-Ino­vasi Khusus. Menurutnya, pada penghargaan tersebut, terdapat 177 proposal dari seluruh perusahaan dan insan penggiat energi yang berkom­petisi untuk memenangkan penghargaan.

”Pada penghargaan ini, kami mengajukan makalah inovasi berjudul Penurunan Energi Spesifik pada Peng­gilingan Akhir Plant 14 dengan Manajemen Ekstraksi Klinker Silo. Inovasi ini berhasil men­ghemat konsumsi energi list­rik di Plant 14, Kompleks Pabrik Citeureup sebesar 3 juta Kwh/tahun serta ber­pengaruh terhadap mengu­rangi emisi CO2 sebesar 3.500 ton CO2 per tahun,” ungkap Marcos dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/10).

Baca Juga  Indocement Catat Penjualan Semen dan Klinker Capai 4,1 Juta Ton

Marcos menerangkan, pen­ghargaan ini merupakan ajang penghargaan efisiensi energi nasional yang rutin diadakan Kementerian ESDM sejak 2012 yang saat itu bernama Peng­hargaan Efisiensi Energi Na­sional (PEEN).

”Penghargaan ini diberikan langsung Menteri ESDM Ba­pak Insinyur Arifin Tasrif ke­pada General Manager Indo­cement Kompleks Pabrik Citeureup Setia Wijaya dan Deputy General Manager Operation Support Indocement Kompleks Pabrik Citeureup Soegito C Kurniawan secara daring pada 28 September lalu,” terangnya.

Sementara itu, pada ajang ASEAN Energy Awards 2021, Indocement mendapatkan penghargaan untuk kategori ASEAN Coal Awards 2021. Indocement mendapatkan penghargaan pada sub-kate­gori. ‘Clean Coal Use and Technology Utilization for Industry Large Sub-Category’ setelah memasukkan makalah dengan judul Sustainable Use of Coal for Better Life by Re­ducing SOx in Power Plant of Tarjun Factory.

Baca Juga  Indocement Bagikan Beras Di 12 Desa Binaan

Penghargaan ini diserahkan saat pertemuan The 39th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) pada 16 September 2021 yang dilaks­anakan secara luring di Bru­nei Darussalam dan diikuti secara daring oleh perusaha­an-perusahan nominator.

”Di Kompleks Pabrik Tarjun, Indocement memiliki pembangkit listrik mandiri yang telah dilengkapi dengan perangkat khusus bernama Flue Gas Desulphurization (FGD), perangkat ini dipasang untuk menurunkan emisi SOX yang dilepaskan ke udara dari hasil pembakaran batu bara. Perangkat ini telah di­pasang dan beroperasi sejak 2018,” jelas Marcos.

ASEAN Coal Awards meru­pakan salah satu kegiatan rutin setiap dua tahun yang dilaksanakan ASEAN melalui ASEAN Centre for Energy (ACE) sebagai komitmen Regional ASEAN dalam mempromo­sikan pemanfaatan teknologi batubara yang ramah ling­kungan.

Baca Juga  Indocement Bangun SMK Tunggal Prakarsa

”Dua penghargaan ini mer­upakan bentuk pengakuan atas komitmen Indocement dalam upayanya menjaga lingkungan hidup. Kami sel­alu berupaya untuk mengu­rangi dampak lingkungan dari operasional Indocement melalui beragam terobosan dan inovasi. Indocement juga memiliki beberapa tero­bosan lain, salah satunya seperti penggunaan bahan bakar alternatif dalam bentuk refuse-derived fuel (RDF) yang berasal dari sampah perko­taan, penggunaan RDF tidak hanya mengurangi emisi CO2 tetapi juga membantu men­gatasi permasalahan sampah perkotaan,” tandas Marcos. (eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *