PTM Kampus Harus Taat Prokes

by -

METROPOLITAN – Pan­demi Covid-19 belum me­reda. Segenap upaya keseha­tan dan pemulihan ekonomi sudah dilakukan pemerintah. Terutama di situasi saat ini, hal paling penting adalah kewaspadaan dalam mengelo­la aktivitas dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Seperti dalam melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang saat ini terus didorong pe­merintah melalui Kemente­rian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemen­dikbudristek).

Adapun Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III yang merupakan satuan kerja Kemendikbud­ristek Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya menyebutkan kam­pus siap melaksanakan PTM terbatas.

Kepala LLDikti Wilayah III, Agus Setyo Budi, menuturkan, SE 4/2021 dari Plt Dirjen Dik­tiristek sudah diterbitkan yang menjelaskan pembelajaran mulai semester gasal tahun akademik 2021/2022 diselen­ggarakan dengan PTM terba­tas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga  Jelang PTM, Orang Tua Waswas Banyak Siswa Belum Divaksin

“Saat ini sejumlah pergu­ruan tinggi telah bersiap kem­bali melakukan perkuliahan tatap muka terbatas. Mulai dari vaksinasi kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, persiapan sarana dan prasarana yang mendu­kung protokol kesehatan serta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, pihaknya pun akan memantau dan mene­rima laporan kampus-kampus yang akan melaksanakan PTM terbatas. Diminta juga dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan 3M, yakni mema­kai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak wajib diterapkan. “Kampus tetap memprioritaskan kese­hatan dan keselamatan war­ga kampus dan masyarakat sekitar,” katanya.

Adapun mekanisme PTM terbatas dilakukan tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan dan pemantauan. Pada tahap awal, perguruan tinggi di­minta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat, testing dan tracing berkala, lulus vaksinasi dan menerap­kan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga  Belum Boleh Buka, Ada Sekolah di Kota Bogor Uji Coba PTM, Ini Kata Kadisdik

Selanjutnya apabila kampus telah mendapat rekomen­dasi dari satgas setempat, maka dapat melapor dan bersurat ke LLDikti Wilayah III untuk dipantau lebih lanjut hingga akhirnya diterbitkan surat rekomendasi PTM ter­batas.

“Dalam pelaksanaannya nanti, kami LLDikti Wilayah III akan memantau secara berkala terhadap aktivitas PTM terbatas. Perguruan tinggi diharapkan dapat saling ber­bagi praktik baik selama masa pandemi Covid-19,” pungkas Agus.(jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *