Ratusan Jasad Direlokasi, Digendong Dong!

by -

METROPOLITAN – Sekitar seratus makam di Tempat Pe­makaman Umum (TPU) Ma­lagas Sasak, RT 03/01, Desa Cicalengka, Kecamatan Page­dangan, Kabupaten Tangerang, direlokasi. Jenazah dipindah­kan ke tempat pemakaman baru, masih di desa yang sama, menyusul ruilslag atau tukar guling yang disepakati kelu­arga dengan pengembang PT BSD.

Prosesi pemindahan jenazah dari lahan makam lama ke lokasi lahan makam baru itu viral di media sosial. Ahli wa­ris nampak mengangkat jena­zah dari lokasi lahan makam lama dengan cara menggendong jenazah satu per satu.

Camat Pagedangan, Zaenu­din, mengaku tidak tahu-me­nahu terkait ruilslag lahan makam antara pengembang dengan pihak ahli waris. Men­urutnya, relokasi makam itu berdasarkan kesepakatan pengurus pemakaman dengan pengembang PT BSD. ”Saya sebenarnya nggak tahu, itu disepakati antara ahli waris pengurus pemakaman dengan pengembang PT BSD,” ujar Zaenudin, Selasa (5/10).

Baca Juga  Jak Angel Tewas Misterius di Ciliwung

Zaenudin menuturkan, peng­embang hanya ingin meluru­skan lahan miliknya yang terpotong pada sisi kanan dan kiri oleh makam tersebut. Peng­gantian lahan makam itu juga lebih besar dari lahan makam sebelumnya. ”Dipindahkan 200 meter saja, diluruskan akan digunakan pengembang. Dari yang tadinya seluas 1.400 lebih diganti 200 persen lebih, menjadi 3.400 meter,” katanya.

Menurutnya, pemindahan jenazah dengan cara digotong oleh ahli waris itu, karena lo­kasi lahan makam lama ber­himpitan dengan lokasi makam yang baru di lahan milik peng­embang. ”Karena itu berde­katan, hanya sekitar 200 meter lokasinya dari makam lama. Jadi hanya digendong satu per satu (jasad, red),” pungkasnya. (mer/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *