Samisade Delapan Desa di Kemang Sudah Direalisasikan

by -

METROPOLITAN – Mening­katkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, bantuan Satu Miliar Satu Desa (Samisade) sudah ber­hasil direalisasikan dengan tepat sasaran di delapan desa di Kecamatan Kemang, Ka­bupaten Bogor.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Ke­camatan Kemang, Titin Har­tini, mengatakan bahwa pembangunan di delapan desa bantuan Samisade di Kecamatan Kemang sudah direalisasikan pada tahap satu.

”Bantuan Samisade program bupati Bogor saat ini tahap dua sedang dalam proses pengerjaan,” kata Titin.

Ia menuturkan, dari delapan desa di Kecamatan Kemang, tinggal satu desa yang belum cair bantuan Samisade. Ya­kni Desa Kemang. Sedangkan tujuh desa lainnya sedang dalam pengerjaan. Baik itu pengerjaan jalan hingga turap penahan tebing.

Baca Juga  Kades Ciseeng Manfaatkan Samisade untuk Bangun Jalan

”Dari masing-masing desa, ada terfokus pada infrastruk­tur jalan poros. Ada juga yang membuka akses jalan. Hal itu untuk meningkatkan eko­nomi masyarakat,” terang Titin.

Titin menyebut salah satunya di Desa Kemang yang terfokus kepada pengelolaan wisata situ yang sebelumnya tidak terurus. Namun, dengan ada­nya program Samisade, Situ Kemang nantinya akan dija­dikan destinasi wisata.

“Selain Desa Kemang, Desa Pabuaran juga membuka ak­ses jalan poros tengah dengan menghubungkan area lahan pertanian. Karena banyak masyarakat yang bertani,” ujar Titin.

Titin berharap dengan ada­nya bantuan Samisade bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terutama yang tinggal di pelosok-pelosok perdesaan.

“Adanya Samisade ini justru sangat berdampak baik bagi masyarakat, selain akses yang mudah. Sehingga meningkat­kan ekonomi masyarakat,” tandas Titin. (mul/c/els/run)

Baca Juga  Tengok Progres Samisade di Rancabungur, Bupati Salut 55 Warga Hibahkan Tanah untuk Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *