Tidak Ada Istirahat, Langsung Pulang

by -

METROPOLITAN – Pem­belajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas mulai dilaks­anakan di sekolah-sekolah di Kota Depok, kemarin. Ke­pala Dinas Pendidikan (Dis­dik) Kota Depok, Wijayanto, menyatakan bahwa PTM terbatas dari 4 Oktober sam­pai 23 Desember dilakukan, setelah simulasi dari 28 sam­pai 29 September 2021.

Ia menjelaskan, sekolah-sekolah yang melaksanakan PTM terbatas tetap harus memberikan opsi layanan belajar dari rumah (BDR) bagi siswa yang belum dii­zinkan orang tua mengikuti kegiatan belajar di sekolah. ”Jadi, sekolah tetap meny­ediakan pembelajaran BDR bagi siswa yang tidak diizin­kan mengikuti PTMT oleh orang tuanya,” katanya.

Di Kota Depok, kegiatan belajar mengajar di sekolah hanya dilakukan dua hari dalam sepekan dengan du­rasi paling lama dua jam setiap hari. Jumlah peserta didik dalam setiap sesi ke­giatan belajar mengajar juga dibatasi. ”Untuk pengaturan sesi kita bebaskan kepada setiap perangkat sekolah. Misalnya dibagi berdasarkan ganjil genap nomor absen atau dari absensi dibagi men­jadi dua,” kata Wijayanto.

Baca Juga  Setelah Menikah Suami Memperlakukanku Seenaknya (4)

Untuk meminimalkan ri­siko penularan virus corona, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan tanpa jeda waktu istirahat. ”Tidak ada waktu istirahat, peserta didik langsung pulang setelah pem­belajaran selesai,” katanya.

Wijayanto menjelaskan, untuk sementara kegiatan olahraga, seni dan ekstraku­rikuler tidak dilakukan di lingkungan sekolah, tapi dilaksanakan via daring un­tuk menekan risiko penularan Covid-19.

Ia kembali menekankan bahwa setiap satuan pendi­dikan yang melaksanakan PTM terbatas harus memas­tikan protokol kesehatan dipatuhi dan dijalankan di lingkungan sekolah. ”Kita berharap PTM terbatas bisa berjalan dengan baik dan setiap satuan pendidikan dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat, se­hingga tidak ditemukan klaster sekolah nantinya,” katanya.

Sekadar diketahui, PTM terbatas dilaksanakan di se­mua jenjang pendidikan di Kota Depok. Selain pada dua hari pelaksanaan PTM ter­batas, kegiatan belajar mengajar juga dilakukan dari jarak jauh via daring.(cn/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *