Waduh, Kasus DBD Kota Bogor Melonjak Tahun Ini

by -

METROPOLITAN.id – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bogor mengalami kelonjakan pada tahun ini.

 

Tercatat, hingga pertengahan Oktober 2021, ada sebanyak 118 kasus DBD yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

 

Jumlah ini berbanding terbalik dengan data kasus DBD yang ditangani RSUD Kota Bogor pada tahun lalu. RSUD hanya menangani sebanyak 89 pasien DBD sepanjang tahun 2020.

 

Adapun rincian penanganan kasus DBD yang dilakukan RSUD Kota Bogor. Diantaranya, untuk tahun 2020 pasien DBD yang dirawat di RSUD Kota Bogor ada sebanyak 89 pasien. Dengan rincian 62 pasien anak-anak dan 27 pasien orang dewasa.

Baca Juga  Refeleksi Akhir Tahun 2021 DPRD Kota Bogor, Tingkatkan Peran Legislasi dan Pengawasan

 

Sementara, untuk tahun ini tepatnya hingga Kamis (21/10), RSUD Kota Bogor telah menangani 118 kasus dbd. Dengan rincian 73 pasien anak-anak dan 45 pasien orang dewasa.

 

“Jadi ada peningkatan kasus DBD pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 yang di rawat di RSUD,” kata Wakil Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUD Kota Bogor, dr Sari Chandrawati, Selasa (26/10).

 

“Kenaikan sudah terlihat dari jumlah kasus yang kita tangani sampai bulan 10 tahun ini, dibandingkan tahun lalu. Semoga kasus ini tidak bertambah lagi,” sambungnya.

 

Meski demikian, menurut dr Sari, saat ini pasien DBD yang masih menjalani perawatan hanya tersisa sebanyak 17 orang. Dengan rincian 60 persen pasien Kota Bogor dan 40 persen pasien Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Dewi Basmala Nakhodai RSUD Al-Ihsan Bandung

 

“Ke-17 pasien ini merupakan pasien anak-anak. Mereka menjalani perawatan di bad rawat inap anak-anak,” ucap dia.

 

Adapun, dilanjutkan dia, langkah-langkah yang akan dilakukan pihaknya saat ini adalah mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus DBD di masyarakat.

 

“Antisipasi (terjadi lonjakan) tentu sudah kita pikirkan. Kita memiliki tenda dan pelbet yang bisa di gunakan apabila terjadi lonjakan kasus DBD,” imbuhnya.

 

Meski begitu, dr Sari berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan sehingga tidak terjadi lonjakan kasus DBD. Kemudian untuk di internal RSUD sendiri pihaknya selalu berupaya menjaga kebersihan lingkungan jangan sampai terjadi tempat-tempat penampungan sarang nyamuk DBD.

 

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor mencatat ada sebanyak 45 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditangani pada bulan ini.

Baca Juga  Mengenal R.M Tirto Adhi Soerjo, Pejuang Pena yang Diabadikan Jadi Nama Jalan di Bogor

 

Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUD Kota Bogor, dr Sari Chandrawati.

 

“Untuk bulan ini kami menangani total ada 45 kasus hingga Senin (25/10). Dengan rincian 35 anak-anak dan 10 dewasa,” kata dr Sari kepada wartawan, Selasa (26/10). (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.