Warga Dua Desa Disuntik Nakes TNI AL

by -

METROPOLITAN – Lima tenaga kesehatan (nakes) TNI AL ikut membantu pelaks­anaan vaksinasi di Kecamatan Cijeruk. Mereka dibagi kedua desa. Tiga nakes siaga di rumah kepala desa (kades) untuk menyuntik vaksin Covid-19 warga Desa Cibalung. Sisanya menggelar vaksinasi di Desa Sukaharja. Keterlibatan nakes marinir ini untuk memperce­pat target pencapaian vaksi­nasi di Kabupaten Bogor.

Wakil Komandan Rumah Sakit Marinir Cilandak, Letkol dok­ter Rudi Pandapotan Napitu­pulu, mengaku ditugaskan sebagai koordinator lapangan di 22 kecamatan. Menurutnya, nakes TNI AL yang diterjunkan ke wilayah pelosok atau daerah terpencil di Kabupaten Bogor merupakan perintah dari pim­pinan agar pencapaian vaksi­nasi di Kabupaten Bogor cepat terwujud.

”Ada 200 nakes yang terjun ke lapangan dan dibagi ke se­jumlah kecamatan yang men­jadi target sasaran capaian vaksinasi. Setiap kecamatan kita terjunkan lima personel sebagaimana telah ditetapkan Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor. Saat ini para nakes dari TNI AL sudah kita sebar di 22 kecamatan,” katanya ke­pada Metropolitan.

Baca Juga  Danlantaman Ambon Minta Prajurit AL Jauhi Narkoba

Ia menerangkan, pada peri­ode pertama ini para nakes TNI yang ditugaskan ke pelosok-pelosok memiliki waktu sekitar 14 hari. Dengan waktu kerja tersebut, capaian targetnya harus bisa mencapai 70 persen. Sedangkan yang menjadi target vaksinasi, baik dosis pertama maupun dosis kedua adalah 5.000 warga. ”Satu kecamatan ditarget bisa vaksin 5.000 war­ga per hari. Maka 22 kecamatan itu berarti 110 ribu warga yang harus divaksin setiap harinya,” jelasnya.

Rudi menambahkan, wi­layah Bogor sendiri jumlah penduduknya cukup besar. Sehingga distribusi penduduk Bogor di pinggiran daerah dengan teritorial yang luas jadi terkendala. Apalagi, may­oritas penduduk di Bogor adalah pertanian.

”Kami berharap apa yang menjadi keinginan semua pi­hak terlaksana sesuai target. Mudah-mudahan dengan menempatkan lima personel di satu kecamatan yang ber­kolaborasi dengan aparat ke­camatan, puskesmas, polsek, koramil dan relawan setempat berjalan baik dan lancar,” pung­kasnya. (nto/c/rez/py)

Baca Juga  Perjuangan Hendra, Sosok Di Balik Penemuan Black Box Lion Air (Habis) Pernah Nganggur Setahun hingga Daftar TNI AL Diam-diam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *